Awasi Pilkada Secara Virtual, Bawaslu Sultra Siapkan Aplikasi Gowaslu – Kendari Pos
Politik

Awasi Pilkada Secara Virtual, Bawaslu Sultra Siapkan Aplikasi Gowaslu

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu (kedua dari kiri) bersama jajaran saat sosialiasi jelang Pilkada 2020 beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Pilkada yang digelar di masa pandemi Covid-19 sangat berbeda, termasuk pengawasannya. Anggota badan ad hoc Bawaslu yang bertugas di lapangan akan dibekali alat pelindung diri (APD). Namun kampanye diprediksi bakal getol dilakukan peserta pemilu dan pendukungnya di dunia maya. Karena itu Bawaslu Sultra akan melakukan pengawasan Pilkada secara virtual. Aplikasi Gowaslu, layanan pengaduan masyarakat telah disiapkan.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan aplikasi Gowaslu yang bisa diunduh melalui smart-phone. Sehingga masyarakat bisa menyampaikan laporan kepada pengawas pemilu melalui aplikasi tersebut bila melihat atau menemukan potensi pelanggaran Pilkada.

“Aplikasi itu memang sengaja dirancang secara daring agar dapat digunakan masyarakat dan memudahkan mereka menyampaikan laporan kepada pengawas pemilu,” ungkapnya, kemarin (2/7).

Selain via aplikasi, pihaknya juga sudah merancang strategi dalam melakukan pengawasan secara virtual. Saat ini, mereka sudah menyampaikan kepada Bawaslu kabupaten yang menggelar pilkada maupun yang tidak melaksanakan pilkada agar menyiapkan tenaga operator yang bisa memantau aktivitas pesta demokrasi di dunia maya.

“Tenaga operator ini yang akan memantau, melihat dan mengawasi setiap berita di media online maupun media sosial. Dengan aktivitas itu kita bisa identifikasi mana kampanye yang melanggar aturan dan mana yang tidak,” bebernya. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy