Aplikasi Sipetir Diluncurkan, Layanan Via Android – Kendari Pos
Muna

Aplikasi Sipetir Diluncurkan, Layanan Via Android

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat yang ingin mengakses pelayanan di Pengadilan Agama Raha, Kabupaten Muna, kini tidak perlu lagi harus berkunjung langsung ke kantor tersebut. Institusi itu baru saja meluncurkan sebuah aplikasi sistem pelayanan terpadu satu pintu yang diberi nama Sipetir. Aplikasi berbasis android tersebut dapat diunduh melalui playstore dari semua perangkat gawai.

Ketua PA Raha, Mustafa, menerangkan, ide awal membuat aplikasi Sipetir berasal dari kurangnya tenaga pegawai yang bertugas di kantornya. Tidak jarang, antrean masyarakat yang berurusan tidak dapat terhindarkan. Instansinya semakin bersemangat meluncurkan Sipetir menyusul adanya pandemik Covid-19 dengan aturan jaga jarak yang ketat.

“Sipetir akan memutus kontak langsung pegawai dan masyarakat,” katanya, Rabu (15/7). Aplikasi Sipetir akan memindahkan 16 jenis pelayanan ke ruang maya. Beberapa diantaranya adalah gugatan perceraian, izin poligami, itsbat nikah, mengetahui biaya perkara atau hanya sekadar ingin konsultasi. Bahkan persidangan juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi tersebut. Masyarakat tidak perlu khawatir karena Sipetir gratis untuk diunduh.

“Semangat aplikasi ini adalah digitalisasi. Sehingga pelayanan dapat dilakukan dari mana saja,” paparnya. Lebih jauh, Ketua MUI Kabupaten Muna itu menerangkan, ada tiga manfaat aplikasi Sipetir. Antara lain memudahkan akses pelayanan masyarakat, mendukung kinerja pegawai Pengadilan dari segi kecepatan dan ketepatan serta untuk mencegah potensi pungutan liar maupun permainan perkara. “Sipertir ini termasuk program digitalisasi pertama di lingkungan PA di Sultra,” klaimnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy