Anggota Dewan Makassar dan Morowali Berguru di Kendari – Kendari Pos
Metro Kendari

Anggota Dewan Makassar dan Morowali Berguru di Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Produk hukum yang ditelorkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari ternyata menarik perhatian. Kemarin, dua rombongan DPRD Kota Makasar dan DPRD Kabupaten Morowali berkunjung ke Kendari. Mereka ingin berguru dan sharing terkait Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) dan studi komparasi KUA-PPAS tahun anggaran 2021.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengungkapkan kunjungan yang dilakukan dua DPRD memiliki tujuan yang berbeda. Untuk DPRD Kota Makasar ingin sharing terkait kewenangan Bapemperda dan DPRD Morowali inggi melakukan studi komparasi terkait KUA-PPAS. “Jadi untuk DPRD Makasar yang ingin mereka komunikasikan pada kami adalah terkait adanya informasi tugas pokok dan fungsi serta kewenangan Bapemperda sebagai salah satu alat kelengkapan DPRD dalam menyusun dan mengusulkan raperda inisiatif DPRD,” ujar Subhan.

Untuk DPRD Morowali lanjut Subhan, ingin melihat dan membandingkan antara DPRD Morowali dengan DPRD Kendari adanya penyesuaian Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) berdasarkan Permendagri nomor 90 tahun 2019. “Hal itu dilakukan dalam rangka persiapan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), tahun anggaran 2021,” terang Subhan.

Sementara itu, Ketua DPRD Makasar, Rudianto Lallo mengungkapkan kunjungan juga dimaksudkan dalam rangka ingin terus melakukan pendalaman materi rancangan perda untuk menghasilkan raperda inisiatif. “Kita ingin ada gambaran dari DPRD Kendari seperti apa mereka menghasilkan perda inisiatif, karena tentu juga perlu kiranya melakukan sinkronisasi baik sesama DPRD maupun dengan Kemendagri dalam hal produk hukum daerah agar tidak bertentangan dengan aturan di atas,” bebernya. (b/ags).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy