Abu Hasan Kembangkan Potensi Jambu Mete – Kendari Pos
Buton Utara

Abu Hasan Kembangkan Potensi Jambu Mete

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Buton Utara (Butur) terkenal sebagai salah satu daerah penghasil jambu mete di Sulawesi Tenggara (Sultra). Melihat potensi itu Bupati Butur, Abu Hasan, terus melakukan pengembangan dengan menghadirkan investor dan menjajaki kerja sama mengembangkan komoditas di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara. Terbaru, Abu Hasan resmi menggandeng PT. Astra Internasional dengan penandatangananan nota kesepahaman bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi secara virtual di Aula Setkab Butur, Rabu (29/07)

Bupati Butur, Abu Hasan mengungkapkan, dalam rangka upaya pemberdayaan masyarakat desa, Kementerian memfasilitasi penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pengelolaan pengembangan kapasitas masyarakat desa, perencanaan dan pembangunan partisipatif, advokasi peraturan desa, ketahanan masyarakat serta kerja sama dan kemitraan.

“Penandatangan MoU Pemkab Butur bersama Direktorat Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan PT. Astra Internasional, sebuah perusahaan terbuka yang bermaksud melaksanakan program corporate social responsibility (CSR) di bidang kewirausahaan dengan program desa sejahtera astra dengan mengoptimalkan potensi lokal produk unggulan kawasan pedesaan serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa,” ujar Abu Hasan.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu mengungkapkan, Butur satu-satunya daerah di Sultra yang menjajaki kerja sama dibidang pengembangan potensi lokal dengan melibatkan sepuluh. “Kerjasama difokuskan pada pengembangan produksi jambu mete di Desa Eelahaji, Tomoahi, Wasalabose, Jampaka, Rombo, Linsowu, Lantagi, Kadacua, Lamoahi dan Lanosangia. Abu Hasan menambahkan, kerja sama tersebut membuka ruang akses untuk menampung hasil panen petani dan pengembangan produksi jambu jauh lebih bagus. Harapannya, PT. Astra bisa memberikan dampak positif memberikan pendampingan pada petani bagaimana bercocok tanam produktif. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy