Abdurrahman Shaleh Kembali Nahkodai Ketua DPW PAN Sultra – Kendari Pos
Politik

Abdurrahman Shaleh Kembali Nahkodai Ketua DPW PAN Sultra

Abdurrahman Shaleh


KENDARIPOS.CO.ID — Kharisma politik Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh (ARS) masih manjur. Jalan mulus menjadi Ketua DPW PAN Sultra periode kedua terbentang untuk periode 2020-2025. Dia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) V di SwissbelHotel Kendari, Rabu (29/7) kemarin. Selain menunjuk pria yang karib disapa ARS itu, peserta Muswil V PAN mendaulat Bupati Konawe Kery Syaiful Konggoasa sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Sultra.

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan bersama pengurus pusat lainnya ikut serta dalam Muswil secara virtual. Dia meminta semua kader PAN patuh pada keputusan dan perintah partai. Pria yang karib disapa Zulhas itu memintah kader PAN Sultra wajib bekerja keras memenangkan figur yang di usung.

“Seluruh kader harus satu komando, satu instruksi. Yakni mengikuti arahan dari ARS. Sehingga saat menjalankan tugas partai, tidak salahpaham dan konflik. Semua harus kompak, bersatu melebarkan kekuatan dan pengaruh partai,”jelas mantan ketua MPR RI itu dalam Muswil V PAN Sultra secara virtual, kemarin.

Zulhas menitipkan PAN kepada ARS agar dapat kembali merebut kejayaan PAN di Sultra. “Mari dengan semangat baru, kembali kita besarkan PAN Sultra. Kita tahu, Sultra merupakan basis PAN. Rebut kemenangan sebanyak-banyaknya kekuasaan untuk membangun daerah demi kesejahteraan masyarakat,” pinta Zulhas.

Mendengar perintah Ketua Umum DPP PAN, Zulhas, Ketua DPW PAN Sultra, Abdurrahman Shaleh (ARS) siap bekerja dan menunaikan perintah partai itu. ARS berjanji dirinya dan seluruh kader akan bekerja dan memenangkan kandidat yang diusung PAN di pilkada seretnak tahun 2020 ini. Entah itu berasal dari kader PAN maupun bukan kader yang di usung PAN. Karena kemenangan dalam pemilihan adalah isyarat bahwa PAN sangat kuat dan berpengaruh di jazirah Sultra.

“Konsolidasi internal kader sangat penting. Untuk memudahkan komunikasi dan aktualisasi dari misi PAN terutama memenangkan para figur yang mendapat rekomendasi dari DPP PAN pada pilkada tahun ini. Jika para figur yang kita usung memenangkan kontestasi pilkada nanti, maka akan sangat memberikan sumbangsih positif berupa investasi basis suara menuju perhelatan pemilihan di tahun-tahun yang akan datang,”ungkap ARS.

“Alhamdulillah kita sudah kompak. Dengan saudaraku Kerry menjadi Ketua MPP kita akan kembali rapatkan barisan menghadapi agenda-agenda politik ke depan. Seperti pesan dari ketua umum, kita akan bergerak konsolidasi, mulai dari tingkat kabupaten, hingga nanti puncaknya legislatif dan gubernur kita akan rebut semua,” tegas ARS.

Sementara itu, Kery Saiful Konggoasa mengapresiasi amanah yang diberikan kepadanya sebagai Majelis Pertimbangan Partai PAN Sultra. Sudah 20 tahun dia berkecimpung dalam dinamika PAN di tanah Sultra. Banyak cerita heroik dan pengalaman yang pada akhirnya mengantarkan ke kursi Bupati Konawe dua periode.

“Sampai kapan pun, saya akan tetap berdiri bersama PAN. Meski tanpa ada jabatan, semangat dan komitmen saya masih akan sama. Jika ada hiruk pikuk di luar sana, hal itu bagian dari dinamika politik. Pada intinya, saya tidak persoalan mengenai jabatan,”kata Kery kepada Kendari Pos, Rabu (29/7).

Terpisah pengamat politik Sultra, Dr. Najib Husain mengatakan, dari semua figur yang mendiami otoritas PAN saat ini, yang paling layak menakhodai partai berlambang matahari itu adalah Abdurrahman Shaleh. Makanya, keputusan Muswil V tersebut sangat tepat.

Sosok ARS memiliki kapabilitas dan manajerial yang mumpuni sebagai pemimpin. Tak heran, periode kepemimpinannya mampu menorehkan berbagai prestasi besar. Diantaranya, berhasil menggelar Kongres PAN di Sultra dan memenangkan Zulkifli Hasan menjadi Ketua Umum DPP PAN di kongres tersebut.

“Prestasi lainnya, ARS berhasil mengondusifkan situasi dengan cepat saat kubu PAN ditimpa musibah pada kasus Asrun. Bahkan suara PAN pada pemilihan legislatif, menempati posisi tertinggi. Tak hanya itu, sosok ARS juga dipercaya menduduki ketua DPRD Sultra dua periode. Tentu torehan tersebut adalah sebuah pencapaian gemilang. Dan mahkota ketua DPW PAN Sultra, benar-benar layak disandangnya,”kata Najib Husain kepada Kendari Pos, Rabu (29/7).

Melalui kepercayaan itu, sambung Najib, maka ARS memiliki kans untuk bisa tampil pada kontestasi Pilgub Sultra 2024. Penentu sentral untuk membuka lebih besar kran peluang menuju pilgub, terletak pada jejak yang akan di ukirnya di era periode kedua kepemimpinannya. Jika ARS berhasil membawa PAN konsisten berdiri diatas puncak kejayaan, maka restu maupun dukungan menuju pilgub nanti, berpotensi terbuka lebar.

“Pada hajatan pilkada serentak di tujuh kabupaten 9 Desember 2020, juga akan menjadi saksi kepemimpinan ARS. Kemampuannya akan di uji dengan angka presentase perolehan suara oleh figur-figur yang mendapat rekomendasi khususnya para kader PAN yang tampil berlaga. Ini menjadi tugas yang cukup sulit dan menantang pada lembaran baru kepemimpinan ARS,”tandas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo itu.

Kery Kukuh Menatap Pilgub 2024

Kendati tidak menjadi Ketua DPW dan nantinya akan menjadi kendaraan politiknya di Pilgub 2024,Kery Saiful Konggoasa namun niat untuk berlaga pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2024 tak goyah. Ia mengklaim mengantongi dukungan beberapa partai untuk tampil pada perhelatan pilgub nanti. Termasuk dorongan dari DPP PAN sendiri.

“Keputusan sudah mutlak dan gerak sosialisasi telah dirajut. Arahnya untuk mendapat dukungan rakyat. Saya sudah konsolidasi politik di 17 kabupaten/kota terkait kehadiran saya pada konstestasi Pilgub nanti. Saya optimis niat menjadi gubernur akan terwujud,”terang mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Kery menjelaskan, ada empat pilar utama di jazirah Sultra yakni Muna, Konawe, Buton, dan Kolaka. Kedepan, ke empat daerah itu harus lebih maju atau rakyatnya kesejahteraan. Karena disi lain, ke empat daerah itu merupakan pionir Sultra di mata provinsi lain yang ada di Indonesia.

“Yang saya lakukan di Konawe selama dua periode memimpin, menjadi bagian bekal saya untuk memimpin Sultra nanti, jika terpilih. Cukup banyak gagasan memajukan daerah yang saya terapkan di Konawe yang berhasil. Ide tersebut, tinggal dikembangkan lebih inovatif untuk memajukan Sultra,”ungkap Kery Saiful Konggoasa

Jauh hari sebelum Muswil PAN digelar, ia mengaku telah berkomunikasi kepada DPP terkait kesiapannya berkontestasi di Pilgub 2024. Pada sisi sektoral eksternal PAN, terdapat dua partai yang telah menyatakan sikap mendukung niatnya, untuk berkompetensi di pilgub nanti. Dan siapap pun kandidat yang akan menjadi rivalnya pada pilgub nanti, tidak menjadi soal. “Untuk sosol figur lain yang akan menjadi rival, saya tidak pusing. Saya datang untuk menang bukan untuk kalah. Siapapun lawan kompetisi, saya optimis pasti menang,”tandasnya. (m6/yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy