836 Mahasiswa IAIN Kendari Ikut KKN Online – Kendari Pos
Edukasi

836 Mahasiswa IAIN Kendari Ikut KKN Online

Suasana pelepasan peserta KKN IAIN Kendari melalui aplikasi Zoom.

KENDARIPOS.CO.ID — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat kembali menggelar Kuliah Merja Nyata (KKN). Menariknya, kegiatan yang difokuskan untuk melakukan pengabdian tersebut dilaksanakan dari rumah atau secara online.

Hal ini dilakukan guna mencegah penularan Covid-19 di tengah masyarakat. Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., melepas 836 peserta KKN melalui aplikasi zoom, Senin (6/7) 2020. Pelepasan itu sekaligus menandai dimulainya KKN mahasiswa yang berbasis luar Jaringan, dalam Jaringan dan by research tersebut. Prof. Faizah berpesan kepada mahasiswa untuk memaksimalkan KKN ini dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

“Situasi Pandemi ini tidak boleh menurunkan semangat dan produktifitas kita, mari kita bersama-sama melawan corona dengan berbuat sesuatu yang dibutuhkan masyarakat di tengah situasi pandemi apapun bentuknya. Baik berupa kampanye maupun program lain yang dapat membantu masyarakat mengatasi persoalan sosial ekonomi yang timbul akibat pandemi,” ajaknya.

Ia juga mengingatkan peserta agar memperhatikan etika publik guna kepentingan menjaga nama baik almamater, keluarga, dan institusi dengan tidak menyebar isu-isu yang dapat membuat masyarakat luas panik atau mengunggah konten yang bisa menimbulkan perpecahan dalam semangat berbangsa dan bernegara.

KKN Model baru dan sepenuhnya memanfaatkan layanan teknologi informasi, pengganti Dr. Nur Alim itu, meminta mahasiswa segera berdaptasi dengan belajar, bertanya dan sharing antara satu dengan yang lain agar bisa mengikuti KKN ini sesuai sasaran yang ditetapkan LPPM.

Mahasiswa akan melaksanakan KKN dengan memilih salah satu tema yang ditawarkan antara lain Integrasi Agama dan Sains, Moderasi Beragama, Pendidikan dan Dakwah Keagamaan dan Bersama Melawan Virus Korona Ketua LPPM IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menjelaskan, KKN dari rumah memiliki tiga sasaran utama yaitu, sebagai sarana pembelajaran bagi para mahasiswa, berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, serta sarana membangun kemitraan dengan institusi masyarakat.

Sasaran ini ditargetkan dapat tercapai meskipun tanpa melakukan kontak fisik. “KKN kali ini memiliki tantangan tersendiri baik bagi mahasiswa maupun pembimbing sebab semuanya dilaksanakan melalui layanan platform digital, untuk itu kami sudah merancang panduan yang dapat memudahkan peserta dalam menjalankan aktifitas pengabdian,” tambahnya.

KKN dari rumah mewajibkan mahasiswa melaksanakan kuliah kerja nyata di wilayah tempat tinggal masing-masing. Kegiatan KKN menyesuaikan dengan status wilayahnya. Bagi yang masuk dalam kategori zona hijau maka diperbolehkan untuk melaksanakan kegiatan luar jaringan dengan cara terjun langsung ke tengah masyarakat. Sedangkan bagi yang berada di zona orange, kuning dan merah diharuskan untuk memilih metode dalam jaringan dan by research. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy