4.630 Pemilih Pemula di Koltim Diverifikasi – Kendari Pos
Politik

4.630 Pemilih Pemula di Koltim Diverifikasi

Sutomo
Koordinator Divisi Program, Informasi dan Data KPU Koltim

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 4.630 jiwa pemilih pemula masuk dalam daftar pemilih pada Pilkada Kolaka Timur (Koltim). Proses pencocokan dan penelitian (coklit) masih dilakukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) secara door to door.

Koordinator Divisi Program, Informasi dan Data KPU Koltim, Sutomo membenarkan hal itu. Dia menjelaskan, data pemilih pemula tersebut dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan diberikan kepada KPU RI. KPU Koltim hanya melanjutkan dan memverifikasi data tersebut, melalui mekanisme pemuktahiran data atau coklit.

“Sekarang ini petugas pemuktahiran data pemilih sementara proses Coklit data pemilih yang masuk dalam A-KWK di lapangan. Daftar pemilih pemula yang ril akan ketahuan melalui Coklit, karena petugas mendatangi langsung rumah mereka,” kata Sutomo, Minggu (26/7).

Mantan Panwaslu Koltim ini berharap, pemilih menerima PPDP saat Coklit meskipun saat ini pandemi Covid-19 belum reda. Lagipula PPDP telah rapit test dan mengunakan standar kesehatan pananggulangan Covid-19. “Pemilih yang didatanagi oleh PPDP harus selalu koperatif dalam memberikan data anggota keluarga yg terdaftar dalam A-KWK.

“Kalau memenuhi syarat maka di-update kembali data pemilih tersebut. Dipastikan betul, apakah ada yang tidak memenuhi syarat lagi sebagai pemilih. Nah itu dikeluarkan sebagai pemilih,” bebernya.

Mungkin juga, kata dia, ada anggota keluarga memenuhi syarat namun tidak terdaftan di A-KWK. Maka menjadi perhatian PPDP untuk mendatanya. Tugas PPDP adalah melahirkan data pemilih hasil pemutakhiran yang akurat dan komprehensif. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy