147 Ekor Sapi di Wakatobi Siap Dikurbankan – Kendari Pos
Wakatobi

147 Ekor Sapi di Wakatobi Siap Dikurbankan

Jusriati


KENDARIPOS.CO.ID — Pemenuhan hewan kurban di Kota Baubau jelang hari raya Iduladha, dipastikan aman. Dinas Pertanian dan Peternakan telah melakukan pendataan. Jumlah hewan kurban yang ada di Baubau saat ini seluruhnya adalah jenis sapi siap potong.

“Sapi kurban untuk di Kota Baubau sudah siap. Jumlahnya ada 147 ekor dikumpul oleh 18 orang peternak. Semua yang dikumpulkan untuk dikurbankan itu adalah sapi jantan,” ungkap Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Baubau, Jusriati, akhir pekan lalu.

Lanjut wanita berhijab itu, dengan jumlah tersebut maka kebutuhan hewan kurban untuk sapi di Kota Baubau terpenuhi. “Kalau kurang, tidak. Kemungkinan jumlahnya berlebih, iya. Karena biasanya ada masyarakat tertentu yang jual sapi namun sulit kita data,” katanya.

Untuk hewan kurban jenis kambing, saat ini pihaknya belum melakukan pendataan. “Biasanya didata saat pemeriksaan kesehatan hewan,” kata dikter hewan tersebut. Ia menambahkan, 147 ekor sapi kurban itu tidak sepenuhnya dari Kota Baubau. Sebagian besar dibeli dari Kabupaten Buton Tengah, Buton, Buton Utara hingga Muna. Harga jual perekor bervariasi, mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 18 juta.

“Saat ini proses pemeriksaan kesehatan hewan kurban sudah kita mulai. Untuk sementara belum ditemukan penyakit berbahaya,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala Seksi Ketersedian Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kota Baubau, Alimin, mengungkapkan, dengan jumlah 147 ekor sapi yang akan dikurbankan maka diperkirakan cukup untuk menjangkau seluruh masyarakat di Baubau.

“Kebutuhan daging perbulan sebanyak 1,3 ton. Jumlah itu sesuai data sensus penduduk nasional 2019. Kebutuhan daging menurun karena pandemi Covid-19. Karena kalau sebelum virus corona mewabah, sampai 7 ton perbulan,” sebutnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy