WTP Ketujuh Buton Diboyong ke Tanah Wolio – Kendari Pos
Buton

WTP Ketujuh Buton Diboyong ke Tanah Wolio

Bupati Buton, La Bakry (kiri) bersama Ketua DPRD, Hariasi (kanan) saat menerima LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2019 di kantor BPK Perwakilan Sultra, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID –Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 yang diaplikasikan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dalam kendali Bupati, La Bakry dan Wakilnya, Iis Elianti, menuai apresiasi. Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya memberi stempel LKPD tersebut dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Bupati Buton, La Baky memboyong predikat WTP ketujuhnya itu Senin (22/6).

Buton-1 itu mengaku cukup puas dengan hasil yang dicapai tersebut. Tidak mudah, tapi semua jajarannya sudah membuktikan jika bisa bekerja dan menyusun laporan sesuai standar keuangan yang berlaku. Kemudian menyajikan data dan fakta-fakta pendukung selama pemeriksaan berlangsung. Ganjaran WTP itu dinilai setimpal dengan lelah semua pihak yang terlibat.

“WTP menunjukkan jika kegiatan kita tahun 2019 lalu bisa dipertanggungjawabkan. Alhamdulilah ini capaian yang luar biasa karena kita sudah memperolehnya selama tujuh tahun terakhir. Ini adalah WTP ketujuh kita,” bangganya.

Kepada BPK, La Bakry berterima kasih karena telah melakukan audit secara independen dan akuntabel. Mulai dari pendampingan mengawali pemeriksaan pendahuluan hingga penyampaian laporan hasil pemeriksaan (LHP).

“Ini bukan pekerjaan satu dua orang, ini hasil kerja semua, termasuk DPRD yang selalu mendukung program kita. Ditambah lagi dengan sumber daya pegawai yang punya jiwa pekerja keras,” terangnya.

Ketua DPRD Buton, Hariasi memberikan apresiasi tinggi pada mitra kerjanya, Pemkab Buton. Menurut dia, laporan dengan hasil WTP ketujuh itu bukti konsistensi pemerintah.

“Tentu kita harus apresiasi, karena pemerintah telah mempersembahkan sesuatu yang membanggakan,” katanya.

Politikus Golkar itu menganggap WTP tersebut juga sekaligus jadi hadiah bagi seluruh warga Buton. Di tengah pendemi Covid-19, hampir semua sendi kehidupan melemah. Hadirnya WTP bisa menjadi pemantik spirit. Sekaligus juga tantangan bagi ASN untuk tetap berbuat maksimal ke depan.

“Ini menjadi pelecut semangat bagi kita semua, untuk nantinya terus dipertahankan. Meskipun saat ini cukup berat karena ada wabah tapi kita harus terus memotivasi diri bahwa kita bisa,” tambahnya.

DPRD dalam kapasitas sebagai lembaga pengawasan, berkomitmen meningkatkan kinerja dalam keterbukaan pengelolaan keuangan daerah. “Tadi ada catatan khusus dari BPK. Itu sudah ditindaklanjuti dan segera diselesaikan, kita akan awasi juga,” pungkas Hariasi. (adv/mel/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy