UTBK UHO 2020 Bakal Berlangsung Dua Gelombang – Kendari Pos
Edukasi

UTBK UHO 2020 Bakal Berlangsung Dua Gelombang

Calon Maba UHO yang mengikuti UTBK pada waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah Covid-19 di sejumlah daerah yang hingga kini belum berakhir, masih memberikan dampak cukup besar bagi sejumlah agenda nasional yang melibatkan perkumpulan banyak. Tak terkecuali dengan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 yang turut mengalami perubahan beberapa kali akibat wabah Covid-19.

Teranyar, melalui surat edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kembali melakukan beberapa perubahan terkait pelaksanaan UTBK.

Adanya beberapa perubahan pelaksanaan UTBK 2020 ini turut dibenarkan oleh Wakil Rektor I UHO, La Hamimu. Utamanya terkait jadwal pelaksanaan UTBK yang sebelumnya bakal dilaksanakan satu gelombang saja, menjadi dua gelombang. “Pelaksanaan tes tahap pertama akan digelar pada 5-14 Juli 2020. Sementara tahap kedua 20 hingga 29 Juli 2020,” terangnya, Jumat (26/6).

Selain itu, perubahan juga terjadi pada sesi pelaksanaan tes UTBK yang sebelumnya berlangsung sebanyak empat sesi per hari, berubah menjadi dua sesi. Serta tes yang diujikan hanya mencakup Tes Potensi Skolastik (TPS) dan meniadakan Tes Potensi Akademik (TPA). “Untuk mekanisme pelaksananya nanti akan berlangsung berdasarkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Bahkan, kita juga mengingatkan peserta UTBK untuk melengkapi dirinya dengan masker atau pelindung diri guna mencegah penularan Covid-19,” katanya.

Lanjut dia, sebelum pelaksanaan UTBK berlangsung. Peserta ujian nantinya juga akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Sehingga, peserta yang diperbolehkan masuk mengikuti UTBK yakni peserta yang memiliki suhu tubuh 38 derajat. Apabila dalam pelaksanaanya terdapat peserta yang memiliki suhu tubuh diatas 38 derajat, maka peserta tersebut tidak diperbolehkan mengikuti jalanya UTBK. “Intinya UHO sebagai salah satu PT yang dipercaya untuk menyelenggarakan tes, tentu bakal mengikuti segala arahan dari pusat,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada 15.457 peserta UTBK yang telah mendaftar untuk mengikuti prosesi tes di UHO diharapkan untuk menjaga kesehatan sejak dini. Sehingga, ketika jadwal tes UTBK berlangsung maka seluruh peserta sudah siap dan dalam kondisi sehat. “Selain perubahan jadwal UTBK. Jadwal pengumuman SBMPTN-UTBK yang sebelumnya bakal diumumkan 25 Juli turut berubah menjadi 20 Agustus,” pungkas Hamimu. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy