Tuntaskan P3TGAI, Pemkab Mubar Terima Bantuan dari Pusat – Kendari Pos
Muna Barat

Tuntaskan P3TGAI, Pemkab Mubar Terima Bantuan dari Pusat


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) kembali menerima bantuan dari Pemerintah Pusat. Kali ini, alokasinya berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Muna Barat menjadi sebagai salah satu lokasi program percepatan peningkatan tata guna air (P3TGAI). Penunjukan tersebut sebagai bentuk upaya Pemkab Mubar melalui Dinas PUPR dalam meningkatkan pembangunan dibidang irigasi demi memaksimalkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas PUPR Mubar, Karimin melalui Kabid Irigasi dan Sumber Daya Air, Surachman, menjelaskan, tahun ini, daerah tersebut mendapatkan bantuan P3TGAI untuk tujuh kelompok tani (Poktan) pada empat daerah irigasi. “Mulai dari daerah irigasi Desa Katangana, Lawada, di Desa Wulanga Jaya dan daerah irigasi Desa Kasimpa Jaya,” sebutnya, kemarin. Menurut Surachman, anggaran yang diberikan pada setiap kelompok sebesar Rp 195 juta.

Tujuh Poktan itu akan melaksanakan program padat karya tunai guna melaksanakan pembangunan jaringan irigasi pada daerah masing-masing. “Anggarannya itu akan langsung masuk ke rekening Poktan. Kami hanya memonitoring kegiatan mereka di lapangan,” akunya. Alokasi anggaran pada tujuh kelompok tani tersebut tak lepas dari upaya Pemkab Mubar dalam meyakinkan pihak Kementerian PUPR untuk menggelontorkan anggaran P3TGAI pada tahun anggaran 2020 ini.

“Ini juga sebagai upaya Pemkab dalam mewujudkan visi misi bupati dan wakil bupati menjadikan Mubar sebagai lumbung padi di Sulawesi Tenggara,” bebernya. Saat ini program tersebut dalam tahap sosialisasi ditingkat desa didampingi masing-masing fasilitator. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy