Tuntas Dikerjakan, Proyek PHJD dari Australia tak Dibayar 100 Persen – Kendari Pos
Wakatobi

Tuntas Dikerjakan, Proyek PHJD dari Australia tak Dibayar 100 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Program jalan dana hibah (PHJD) dari Pemerintah Australia tahun 2019 lalu akhirnya tuntas dikerjakan. Bahkan audit dari pihak kementerian terkait telah diselesaikan pada item pekerjaan jalan ibu kota Wakatobi tersebut. Sayangnya, karena masih ada beberapa pekerjaan yang tak sesuai dengan spesifikasi, pembayaran tidak terealisasi 100 persen. Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi cukup puas dengan hasil yang diterima. Pasalnya, PHJD yang sebelumnya dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 telah dibayar hingga capai 99,7 persen. Meski tidak 100 persen diganti, setidaknya hibah dari Australia ini tidak merugikan pemerintah sama sekali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi, Kamaruddin, menjelaskan tidak terbayar 100 persen bukan karena pekerjaan tersebut tak mampu dilakukan. Pihaknya akui, salah satu jalan yang kondisinya berlubang dikerjakan tidak sesuai dengan spek yang telah ditetapkan. “Kita hampir 100 persen dibayar. Ini dikarenakan ada jalan yang seharusnya hanya lubangnya yang ditutupi tapi kita justru overlay (tebal lapis tambal) semuanya. Sehingga pihak audit memeriksa hal ini tidak sesuai spek,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi, Kamaruddin.

Kamarudin menyebut, tim audit menilai jalan tersebut masih bagus dan tidak seharusnya dilakukan overlay menyeluruh. “Karena menurut mereka, jalan ini masih bagus sehingga tidak dihitung. Jadi yang overlay ini tidak dibayar. Mungkin karena kita terlalu semangat. Akhirnya APBD kita hanya diganti 99,7 persen. Tapi, ini sama sekali tidak merugikan daerah. Justru bersyukur karena memberikan pemantapan pada jalan kita,” tambahnya. Kamaruddin menambahkan, kesuksesan pekerjaan proyek PHJD tahun lalu berimbas pada tahun 2020 ini. Pasalnya, Wakatobi kembali mendapatkan anggaran PHJD sekitar Rp 24 miliar untuk kegiatan pemantapan jalan Wakatobi yang akan dikerjakan tahun ini juga. (c/thy)


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy