Totalitas Cegah Penyebaran Covid-19, Kery Bentuk Posko Relawan Tiap Desa – Kendari Pos
Konawe

Totalitas Cegah Penyebaran Covid-19, Kery Bentuk Posko Relawan Tiap Desa

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (pegang mik) memberi sambutan saat giat penyaluran BLT-DD di Konawe. Dalam kesempatan itu, Kery meminta warga di masing-masing desa untuk bersama melawan penyebaran virus corona.

KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dalam mencegah penyebaran virus corona tak perlu diragukan. Hingga kini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe terus bekerja kerja memutus mata rantai penyebaran. Tak hanya pentingnya protokol kesehatan, Pemkab Konawe juga telah membentuk relawan penanganan Covid-19 di setiap desa yang bertugas untuk memberikan edukasi terkait wabah mematikan itu.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan satuan tugas ataupun relawan penanganan Covid-19 di setiap desa di Konawe memang sudah terbentuk. Relawan penanganan Covid-19 itu ada di semua desa serta bermitra dengan TNI-Polri dalam kaitannya untuk mengatasi penyebaran virus korona di tingkat desa.

Relawan penanganan Covid-19 desa Wawosanggula kecamatan Puriala kabupaten Konawe, saat giat pembagian hand sanitizer kepada warga setempat.

“Ini yang kita harapkan. Sebab, kalau semua berjalan baik, gugus tugas Covid-19 Konawe tidak akan kesulitan karena semua data itu lengkap ada di desa,” imbuh Bupati Konawe dua periode itu.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konawe, Keni Yuga Permana menjelaskan, relawan penanganan Covid-19 dibentuk berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) nomor 8 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), serta SE Mendes-PDTT nomor 11 tentang Perubahan atas SE Mendes-PDTT tentang Desa Tanggap Covid-19 dan PKTD.

Kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19 di desa Baruga kecamatan Wonggeduku Barat. Tampak Danramil Konawe Kapten (Inf) Salmar Gona menyerahkan peralatan hand sanitizer kepada Camat Wonggeduku Barat Abdul Hasim dan didampingi Kapolsek Wonggeduku Iptu Hamid Boni.

Relawan yang dibentuk sambungnya, mempunyai posko di masing-masing desa. Yang mana, para relawan itu mempunyai tugas memberikan edukasi seputar penanganan dan pencegahan Covid-19 di masing-masing desa. “Di dana Covid itu ada biaya pengadaan hand sanitizer dan disinfektan. Mereka bisa bantu jalankan itu di desanya masing-masing,” ungkap Keni.

Selain itu, relawan penanganan Covid-19 tingkat desa melakukan pendataan bagi warga setempat yang berhak untuk menerima bantuan langsung tunai (BLT). Serta, mendata masyarakat yang akan keluar dan masuk di desa masing-masing. “Jadi bukan pelarangan keluar masuk desa, namun harus didata dulu,” ucapnya.

Dalam melaksanakan tugasnya lanjut Keny, para relawan jaga desa itu mendapatkan honorarium yang bersumber dari dana desa (DD). Akan tetapi, besaran upah relawan jaga desa tidak dicantumkan dalam aturan tersebut. Besaran honor mereka, sambungnya, disepakati lewat musyawarah yang dilakukan ditingkat desa setempat.

“Relawan ini juga akan berkoordinasi dengan tim gugus tugas penanganan Covid-19 Konawe jika dalam satu desa ada warga yang baru tiba dari wilayah zona merah pandemi. Mereka akan memberikan edukasi terkait metode pencegahan penularan virus korona,” beber Kepala BPMD Konawe itu. (b/adv/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy