Terima Bantuan Australia, Poros Wangiwangi Dituntaskan – Kendari Pos
Wakatobi

Terima Bantuan Australia, Poros Wangiwangi Dituntaskan

H. Kamaruddin


KENDARIPOS.CO.ID — Program hibah jalan daerah (PHJD) Kabupaten Wakatobi dari Pemerintah Negara Australia kembali diterima tahun 2020 ini. Bantuan tersebut tak lepas dari keberhasilan proyek pembangunan dan pemantapan jalan melalui PHJD tahun 2019. Pasalnya, proyek yang sebelumnya menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Wakatobi tersebut, sukses terealisasi hingga 99,7 persen.

Anggaran PHJD untuk kegiatan pemantapan jalan Wakatobi sekitar Rp 24 miliar itu akan direalisasikan tahun ini. Rencananya, proyek pemantapan jalan ini akan difokuskan di pulau Wangiwangi. Targetnya, dituntaskan tahun ini juga sehingga untuk PHJD selanjutnya bisa dilanjutkan ke pulau lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi, H. Kamaruddin, menjelaskan, pulau yang telah dilirik pihaknya untuk mendapatkan PHJD tahun 2021 mendatang adalah Tomia. Kendati begitu pihaknya belum bisa memastikan. Sebab untuk membawa program penunjang pariwisata ini, perlu ada peninjauan terlebih dahulu oleh Tim dari Australia.

“Tahun lalu APBD kita yang digunakan untuk pekerjaan jalan PHJD dikembalikan sebesar 99,7 persen. Ini cukup baik karena daerah sama sekali tidak rugi dan justru lebih bersyukur. Tahun ini PHJD kita untuk pemantapan jalan yang kita target tuntaskan dulu di Wangiwangi,” ujarnya, kemarin.

Selain dari sisi kelayakan, Pulau Tomia menurut mantan Kadis Perindag Wakatobi ini sudah sangat cukup. Baik dari segi outlet pariwisatanya hingga aksesibilitas seperti Bandara serta destinasi yang sudah tertata dengan baik.
“Sedangkan untuk pulau lainnya, sembari menunggu PHJD pembangunan jalan akan tetap dilakukan menggunakan anggaran yang telah disediakan. Wangiwangi sudah cukup bagus jalannya. Kalau hanya untuk perbaikan, nanti kita tidak mesti menggunakan PHJD, kita bisa memakai anggaran lain,” bebernya.

Sekadar diketahui, tidak semua daerah mendapatkan alokasi anggaran PHJD dari Pemerintah Australia. Sebab program tersebut diprioritaskan untuk daerah yang masuk kawasan pariwisata skala nasional. Sementara dari 10 kawasan itu, Kabupaten Wakatobi termasuk salah satunya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy