Tak Ada Cetak Sawah Baru di Konawe – Kendari Pos
Konawe

Tak Ada Cetak Sawah Baru di Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — 42.000 hektare lahan persawahan di Konawe kemungkinan besar belum akan bertambah di tahun ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), sudah memastikan pencanangan sawah baru di tahun 2020 ditiadakan. Pemangkasan anggaran akibat pandemi Covid-19 menjadi alasan program percetakan sawah di Konawe baru akan diusulkan kembali di tahun 2021.

Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan (PSP) Dinas TPHP Konawe, Rifai, menjelaskan, pemangkasan anggaran akibat penanggulangan wabah Covid-19 membuat program cetak sawah tak dilakukan. Rencananya, tahun depan pihaknya bakal mengusulkan ke pihak Pemprov Sultra agar Konawe kembali diberi jatah program cetak sawah baru. “Untuk titiknya kita belum tahu. Tapi tetap kita mengusul untuk tahun depan. Tergantung provinsi berapa yang diporsikan untuk Konawe. Sebab kita hanya menyiapkan lahan saja,” ujar Rifai, Senin (29/6) ditemui di ruangannya.

Ia menambahkan, cetak sawah baru tersebut merupakan program yang dijalankan dalam bentuk swakelola masyarakat. Awalnya, kelompok tani terlebih dahulu mesti mengajukan proposal ke Dinas TPHP Konawe untuk cetak sawah. Pihaknya kemudian akan membuat usulan lagi berapa perkiraan kemampuan cetak sawah di Konawe ke Pemprov Sultra. “Begitu disetujui, kami turun ke para petani yang sudah mengajukan proposal itu,” ungkap Rifai.

Di tempat yang sama, Staf Seksi Pengelolaan Lahan dan Air (PLA) Bidang PSP Dinas TPHP Konawe, Supriyadi, menuturkan, cetak sawah baru menjadi domain Pemprov Sultra. Pihaknya hanya sebatas mengajukan program itu disesuaikan dengan data lahan persawahan yang ada saat ini. Pemprov pun, tidak bisa asal menurunkan program itu tanpa adanya usulan dari Pemkab di masing-masing daerah.

Selain itu, sambung Supriyadi, di tahun 2019 lalu, percetakan sawah baru di Konawe dilakukan pada empat wilayah. Yakni di desa Ulu Meraka Kecamatan Onembute seluas 32 hektare, di Desa Watarema, Kecamatan Lambuya seluas 76 hektare, serta Desa Puumbinisi, Kecamatan Pondidaha seluas 52 hektare. “Satu lagi di Kelurahan Unaasi, Kecamatan Anggaberi dengan luas 40 hektare. Totalnya 200 hektare untuk sawah baru di Konawe yang dicetak di tahun 2019,” tandasnya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy