Sulkarnain Bakal Poles Kolam Retensi Jadi Spot Wisata – Kendari Pos
Metro Kendari

Sulkarnain Bakal Poles Kolam Retensi Jadi Spot Wisata

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari berkeinginan besar mengurangi jumlah genanangan air (banjir, Red) di Ibukota Provinsi. Oleh karena itu, Pemkot menggandeng Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari menggagas pembangunan waduk pengendali banjir dikawasan Baruga.

Sebagai bentuk komitmennya, Pemkot menyediakan lokasi pembangunannya.”Kami bekerjasama dengan BWS Sulawesi IV dengan menyediakan lahan tempat pembuatan kolam,” tuturnya.

Sulkarnain menyebutkan, ada beberapa 44 titik di Kota Kendari yang termasuk kawasan rawan banjir atau genangan air. 44 lokasi tersebut luasnya sekira 4.140,87 hektar yang tersebar pada enam Kecamatan (Baruga, Wuawua, Poasia, Kadia, Mandonga dan Abeli dengan rincian menurut tingkat bahaya adalah sangat rawan 145,366 hektar dan rawan 39,948 hektar.

“Insyah Allah terbangunnya kolam retensi nanti, setidaknya bisa mengurangi potensi banjir dan juga bisa dijadikan tempat wisata baru di Kendari,” tuturnya.

Kepala BWS Sulawesi IV Kendari Haeruddin C. Maddi mengungkapkan progres pembangunan kolam retensi sudah sekitar 20 persen dan diharapkan selesai pada akhir tahun ini. Kapasitas tampung dua kolam retensi disebut mencapai 500 ribu m3. Selain kemampuan mereduksi banjir, kolam itu juga bisa berfungsi sebagai spot baru wisata dalam kota, termasuk manfaat lain sebagai area sport dan ruang terbuka.

“Ke depan tampungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan air baku Kota Kendari,” proyeksi Kepala BWS Sulawesi IV Kendari itu.

Pengerjaan konstruksi kata dia, bisa dimulai tahun 2021-2022. Luas areal yang dibutuhkan termasuk fasilitas dan landscap serta parking area sekitar 40 hektare. Waduk ini nanti memiliki fungsi utama pengendali banjir kota, disamping fungsi-fungsi lain seperti wisata pendidikan, konservasi dan menambah cadangan air baku.

“Kapasitas tampung sekitar 1,5 – 2 juta m3. Ini akan mampu mereduksi banjir Kota Kendari khususnya yang berasal dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Wanggu.

Pembangunannya direncanakan terintegrasi secara keseluruhan dalam proyek pengendalian banjir Kota Kendari. Pekerjaannya terdiri dari pembangunan waduk pengendali banjir, pembangunan pengendali sedimen di hulu, peningkatan drainase dalam kota, serta lanjutan pembangunan tanggul,” paparnya (b/adv/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy