Skenario New Normal, Dishub Sultra Gagas Transportasi Humanitarian – Kendari Pos
Metro Kendari

Skenario New Normal, Dishub Sultra Gagas Transportasi Humanitarian


KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra terus bekerja keras sesuai tupoksinya dalam memutus mata rantai penyebaran coronavirus disease (Covid-19). Berbagai upaya telah dilakukan. Mulai memasifkan sosialisasi larangan mudik, hingga memperketat pengawasan perjalanan penumpang. Terbaru, menghadapi penerapan new normal, lembaga yang dinakhodai Dr. Hado Hasina ini sudah menggagas penerapan “Transportasi Humanitarian”. Esensi penerapan transportasi humanitarian ini adalah menciptakan situasi transportasi yang sehat, bersih, nyaman, selamat, humanis, dan adil.

“Kami ingin, saat new normal diterapkan, masyarakat bisa bepergian dengan aman dan nyaman dengan tetap mengikuti protokol kesehatan penanganan Covid-19. Sehingga, mereka tidak hanya selamat sampai tujuan, tapi juga terhindar dari Covid-19. Intinya disitu,” ungkap Dr. Hado Hasina, Kepala Dishub Sultra.

Mantan Pj Wali Kota Baubau ini menambahkan, nilai kemanusiaan menjadi faktor utama dalam protokol transportasi jalan new maupun better normal. “Prinsipnya, bidang perhubungan sebagai layanan kemanusiaan untuk ekonomi yang lebih baik pada situasi bencana alam, nonalam, maupun saat new normal nanti,” jelasnya.

Hal paling penting dalam menghadapi new normal, lanjut dia, setiap simpul transportasi, baik bandara, pelabuhan, maupun terminal harus dijaga dengan baik. Mesti ada posko pemeriksaan bagi penumpang yang akan bepergian. Di posko itulah nanti dilakukan pengecekan. Misalnya posko di pelabuhan, sebelum orang menyeberang mesti dipastikan “bersih” dari Covid-19.

Ada tujuh hal mesti disiapkan calon penumpang saat ingin berpergian gunakan transportasi umum: pertama, harus ada urat kesehatan rapid test dari RS, Klinik, Dll. Kedua, surat perjalanan dinas instansi pemerintah/swasta. Ketiga, surat clearens dari KKP bandara, pelabuhan, dan terminal. Keempat, mengisi surat cek list penumpang oleh petugas posko terpadu di bandara/pelabuhan/terminal. Kelima, mengisi kartu kewaspadaan kesehatan kementerian, baik manual maupun online. Keenam, mengisi surat pernyataan perjalanan dari operator angkutan udara, air line, laut, Pelni, operator pelayanan dan lainnya, dan ketujuh, membawa surat identitas diri seperti KTP, SIM, dan Pasport. “Kalau itu tidak bisa dipenuhi, maka bisa dipastikan tidak bisa lakukan perjalanan. Ketatnya pemeriksaan, itu menjadi salah satu indikator new normal transportasi,” terangnya.

Secara sederhana, new normal transportasi bisa digambarkan seperti ini: Saat masyarakat akan bepergian, maka wajib mengikuti protokol kesehatan. Misalnya, harus memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, tidak berkerumun baik di pesawat , kapal laut, terminal, dan lainnya. (rah/adv)

Transportasi Dengan Pola Hidup Baru

-Pengetatan dan pelonggaran kegiatan pada area publik serta transportasi
-Deteksi dan isolasi
-Tidak ada penambahan kasus
-Bertahap hanya pada daerah zona hijau
-Kesadaran masyarakat
-Protokol kesehatan di simpul dan ruas transportasi

Jaringan Pelayanan Penyeberangan

Lintas Provinsi
-Kolaka – Bajoe (Sulsel)
-Tondasi – Bira (Sulsel)
-Lasusua – Siwa (Sulsel)

Lintas Kabupaten
-Torobulu – Tampo

  • Kendari – Langara
  • Waara – Baubau
  • Wanci – Kamaru
  • Amolengo – Labuan
  • Dongkala – Mawasangka
  • Batauga – Siompu

Peta Jaringan Transportasi Terminal
Terminal Tipe A:
-Terminal Puuwatu
-Terminal Baruga

Terminal Tipe B:
-Lombe (Buteng)
-Lakologou (Baubau)
-Lacaria (Kolut)
-Rahabangga (Konawe)
-Lahimbua (Konut)
-Wasaga (Buton)
-Labuan Bajo (Butur)
-Sangi-sangi (Konsel)
-Sampolawa (Busel)
-Lagadi (Mubar)
-Larumbalangi (Kolaka)
-Tawainalu (Koltim)
-Baruga (Kendari)
-Lameruru (Bombana)

Peta Jaringan Transportasi Udara

Bandara Umum
-Kendari
-Kolaka
-Muna
-Baubau
-Wanci

Bandara Khusus
-Pomalaa
-Tomia

Bandara Rencana
-Buton Utara
-Kolaka Utara
-Bombana
-Konawe Utara

Sumber: Dishub Sultra

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy