Sensus Penduduk Online Berakhir, Target BPS Sultra Terpenuhi – Kendari Pos
Metro Kendari

Sensus Penduduk Online Berakhir, Target BPS Sultra Terpenuhi

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) secara online di Sultra resmi berakhir. Sejak dimulai 31 Maret lalu, jumlah warga yang berpartisipasi mencapai 130.003 Kepala Keluarga (KK). Jumlah ini berhasil memenuhi target Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra sekitar 130 ribu KK. Kepala BPS Sultra Mohammad Edy mengatakan pengisian sensus penduduk berbasis online telah memenuhi target yang diharapkan. Hasil positif tersebut tak lepas dari partisipasi berbagai elemen yang turut andil melakukan upaya edukasi dan sosialisasi. “Masa pendaftar sempat diperpanjang, akibat imbas dari pendemi corona virus disease atau covid-19. Hingga 29 Mei. SP online kini memenuhi intensi 100 persen untuk tahap pertama. Di tahap kedua, partisipasi masyarakat kian meningkat,” kata Mohammad Edy kepada Kendari Pos.

SP online kata dia, menyasar mahasiswa, aparatur sipil negara (ASN) termasuk masyarakat umum yang memahami pengunaan media informatika dan teknologi. Hal itu karena sistem penyelenggaraan SP tahun ini berbasis online. “Saat dimulai tanggal 15 Februari, awalnya kesadaran masyarakat sangat minim. Sehingga menuntun adanya sosialisasi yang agresif dan perpanjangan waktu. Hasilnya, perlahan-lahan menunjukan peningkatan kesadaran partisipasi. Sejauh ini warga Sultra menyambut baik SP berbasis online,” tuturnya.

Sensus Penduduk

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Sultra, Ahmad Lukman menjelaskan, kendati tahap pertama telah memenuhi target, pihaknya berharap agar masyarakat yang belum melakukan pengisian data agar kedepannya dapat berpartisipasi. Nantinya akan ada SP gelombang berikutnya. “Untuk SP tahap kedua akan menggunakan metode berbasis “door to door”. Hal itu karena masih banyak wilayah yang belum tersentuh “interconnected network” atau jaringan internet. Sehingga tidak memungkinkan pendataan melalui via online,” terang Ahmad Lukman.

Target jumlah KK se-Sultra yang akan didata sebanyak 692 ribu. Pemenuhan untuk mecapai target tersebut akan dilakukan dengan sistem gradual. Rencana untuk tahap selanjutnya, pihaknya akan bekerja sama dengan RT (Rukun Tetangga) kelurahan atau desa masing-masing daerah. “Nantinya pihak RT akan memeriksa KK yang belum melakukan pengisian data. Hasilnya akan menjadi rujukan untuk dilakukan pendataan. Namun cara tersebut masih dalam proses pengkajian lebih mendalam. Dan tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu dapat berubah. Hal itu karena kondisi sosial kita yang tengah dihadapkan dengan pendemi covid-19. Untuk kepastiannya, saat ini kami masih menunggu instruksi dari pusat. Kabarnya akan diumumkan tanggal 2 Juni,” tandasnya. (b/m6).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy