Sembilan Manfaat Olah Tubuh dan Pikiran Untuk Kesehatan – Kendari Pos
Kesehatan

Sembilan Manfaat Olah Tubuh dan Pikiran Untuk Kesehatan

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak cara bisa dilakukan supaya tubuh jadi sehat. Salah satunya olahraga Yoga. Olahraga ini menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, dan pose yang dirancang untuk mendorong relaksasi dan mengurangi stres. Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology sebagaimana dilansir dari Jawa Pos Kesehatan menunjukkan, yoga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan fakta bahwa orang yang berlatih yoga selama lima tahun memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan latihan ini. Hal ini sangat menguntungkan karena tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab utama serangan jantung dan juga stroke. Selain itu, dengan yoga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Berbagai pose yoga juga membantu tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin sehingga gula darah dapat terkendali. Pernapasan dalam membantu menurunkan tekanan darah dan meditasi juga membantu menenangkan pikiran. Semua faktor ini pada akhirnya berkontribusi untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni merilis kekuatan spiritual dan mental dari seseorang. Meski demikian, yoga kini sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stres dan kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.

Berlatih yoga bisa membuat fisik seseorang tetap bugar serta terhindar dari aneka penyakit. Selain itu, rutin melakukan yoga bisa membantu membuat mental, sosial, emosional, dan spritual seseorang jadi lebih baik. Praktik olah tubuh ini kini telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi, baik itu berupa gerakan maupun manfaatnya. Namun, secara umum, gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, serta berbagai pose yang ditujukan untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi stres.

Manfaat Olah Tubuh dan Pikiran

  1. Tingkatkan Kekebalan Tubuh
    -Ada penelitian menunjukkan, wanita yang melakukan yoga selama 35 menit setiap hari selama 12 minggu berturut-turut akan mengalami peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh.
  2. Mengurangi Nyeri Sendi
    -Dalam suatu studi Rheumatic Disease Clinics of North America menyebutkan, berlatih yoga dua kali seminggu bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi yang diderita seseorang.
  3. Menurunkan Berat Badan
    -Manfaat yoga selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan sangat penting untuk melindungi penderita diabetes tipe 2 untuk mencegah komplikasi seperti kanker dan penyakit jantung.
  4. Melatih Otot
    -Tak seperti olahraga kebanyakan, yoga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot, yang pada gilirannya, membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  5. Memperlancar Aliran Darah
    -Memastikan aliran darah lancar adalah kunci penting menjaga kestabilan tekanan darah. Untuk penderita darah tinggi, sangat disarankan untuk melakukan olahraga yoga minimal 45 menit setiap pagi atau sore hari. Dengan olahraga yoga, pikiran akan lebih rileks dan aliran darah bisa lebih lancar.
  6. Mempertajam Ingatan
    -Para ilmuwan yang melakukan scan otak MRI menemukan bahwa orang-orang yang melakukan yoga punya banyak ‘gray matter’ di otak mereka ketimbang yang tidak melakukan yoga. Gray matter sendiri berfungsi sebagai pusat pemrosesan atau analisa informasi. Dengan melakukan yoga lebih banyak, area tersebut bisa makin meluas dan berpotensi mempertajam ingatan.
  7. Mengurangi Stres
    -Ketika tubuh dalam keadaan stres, tubuh akan merilis hormon bernama kortisol, yang membuat seseorang seakan-akan sadar bahwa ia berada dalam situasi yang kurang menguntungkan. Alhasil, hormon ini dapat mengganggu fungsi tubuh dalam jangka panjang. Dengan yoga, tingkat stres dapat direduksi, sehingga produksi kortisol berkurang dan membuat jiwa jadi lebih tenang. Selain itu, yoga dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks, serta memberikan bantuan fisik dan stres emosional yang dibutuhkan tubuh sepanjang masa-masa kehamilan.
  8. Memperbaiki Mood
    -Studi di Boston University School of Medicine menemukan, manfaat yoga dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan. Hal ini disebabkan karena berlatih yoga dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.
  9. Meningkatkan Kualitas Tidur
    -Kualitas tidur yang buruk sering dihubungkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan juga depresi. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat membantu Anda tingkatkan kualitas tidur. Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang mempraktikkan yoga dapat tertidur lebih cepat dibanding mereka yang tidak mempraktikkan yoga. Terlebih lagi, periode tidur berlangsung cukup lama dan mereka merasa lebih tenang saat bangun di pagi hari. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy