Safari Politik AHY di Sejumlah Daerah – Kendari Pos
Politik

Safari Politik AHY di Sejumlah Daerah

Agus Harimurti Yudhoyono

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono Kamis melakukan safari politik ke dua tempat, kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Partai Golkar. AHY disambut hangat oleh dua institusi yang memiliki basis sosial dan politik yang begitu luas itu, PBNU sebagai organisasi masyarakat Islam terbesar dan Golkar sebagai partai politik kursi kedua di Senayan.

Analis Politik yang juga Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an melihat aksi safari putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memiliki dua makna politik. Pertama, saat ini AHY tengah melakukan konsolidasi politik untuk memenangkan perhelatan Pilkada yang akan berlangsung akhir Desember 2020.

Yang kedua, AHY sedang mengecek ombak politik untuk membangun koalisi politik menuju Pemilihan Presiden 2024. “Safari politik AHY miliki dua fungsi, bisa disebut bagian dari konsolidasi Pilkada tapi juga testing the water Pilpres 2024,” ungkap Ali Rif’an, Sabtu (27/6). Menurut eks Manajer Riset Poltracking Indonesia ini, apa yang dilakukan AHY akan berdampak positif bagi seluruh calon kepala daerah yang berkontestasi merebut kursi kepemimpinan daerah.

“Bersama AHY menangkan Pilkada” yang disuarakan Partai Demokrat akan dapat menjadi sarana kampanye politik yang efektif untuk merebut kursi kepemimpinan daerah. “AHY kalau terus melakuan publikasi, mengisi ruang publik akan menguntungkan kandidat daerah. Pasti nanti calon kepala daerah akan memasang foto AHY, imbasnya nama calon kada terangkat dan nama AHY juga semakin membumi, ini bagian dari marketing politik,” imbuh analisa Magister Politik Universitas Indonesia ini.

Pengamat Politik Sultra, Dr Muh Najib Husain juga punya penilaian serupa. Menurutnya, kiprah Ketum turun berpengaruh dengan partai di daerah. Semakin di kenal publik, maka bakal berimbas pada tingkat keterkenalan partai dan tentunya juga kandidat yang diusung di pilkada. “Pastinya membawa dampak positif,” ucapnya. (yul/Rmol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy