Resmi ! Ibadah Haji 2020 Ditiadakan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Resmi ! Ibadah Haji 2020 Ditiadakan

KENDARIPOS.CO.ID — Kepastian terkait apakah pelaksanaan ibadah haji tahun ini dilaksanakan atau tidak terjawa. Kementerian Agama (Kemenag) resmi mengumumkan jika pelaksanaaan ibadah haji untuk tahun 2020 ditiadakan. Hal tersebut diungkapkan langsung Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, Selasa (2/6/2020). “Alasan utama ditiadakan karena pandemi Covid-19 masih menghantui dunia khususnya Arab Saudi. Untuk itu, Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji pada tahun 1441 Hijriah atau 2020,” kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers virtual, Selasa, (2/6/2020).

Menag menegaskan, keputusan ini diambil dikarenakan Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun. Hal ini pun membuat pemerintah tidak mungkin memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan Jamaah. “Makanya sesuai pernyataan tersebut pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji pada tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah,” tegas Menag Fachrul.

Fachrul menambahkan, keputusan pembatalan ini sudah dipikirkan dan dipertimbangkan sebaik-baiknya dan telah dituangkan dalam surat keputusan menteri No.494 Tahun 2020 dan telah dikonsultasikan dengan MUI serta DPR. Kemenag pun segera mungkin menggelar rapat dengan DPR untuk membahas pembatalan tersebut. “Berdasarkan atauran undang-undang pemerintah harus menjamin keselamatan jemaah sejak dari embarkasi hingga di Arab Saudi. Saya juga ingin sampaikan keputusan membatalkan haji memikirkan resiko beribadah saat Covid-19 di saat kasus positif di Arab Saudi dan Indonesia terus bertambah,” tutupnya. (KP)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy