Realisasi DAK Wakatobi Tunggu Hasil Desain Tim di Lapangan – Kendari Pos
Wakatobi

Realisasi DAK Wakatobi Tunggu Hasil Desain Tim di Lapangan

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan kebudayaan menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak mendapat pemangkasan dana alokasi khusus (DAK) di masa pandemi Covid-19 ini. Makanya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wakatobi perlahan-lahan memulai tahapan realisasi DAK 2020. Untuk pembangunan fisik, pihak instansi itu masih menunggu hasil desain tim di lapangan.

Seperti biasa, dua kegiatan yang akan disalurkan melalui DAK adalah pembanguan fisik dan non fisik (pengadaan). Pembanguan fisik baru akan dimulai dilakukan jika desain sudah dituntaskan. “Kita masih menunggu tim yang desain. Kalau sudah tuntas maka bisa langsung dikerja,” ungkap Kepala Dikbud Wakatobi, La Ali Wangi.

Program pembanguan fisik diutamakan untuk rehabilitasi gedung sekolah seperti ruang kelas baru (RKB), perpustakaan hingga laboratorium. “Tahun lalu lebih banyak dibanding tahun ini karena tahun 2020 ini DAK pendidikan sekitar Rp 20 miliar. Tapi, kita bersyukur setidaknya ada gedung-gedung sekolah yang bisa direhab tahun ini juga,” katanya.

Kendati tidak semua sekolah mendapatkan bantuan rehab, setidaknya hampir setiap tahun DAK pendidikan termasuk salah satu yang diprioritaskan. “Karena keterbatasan anggaran maka untuk gedung sekolah yang direhab tidak langsung satu kali semua. Tapi bertahap. Harus mengedepankan asas pemerataan. Misal tahun lalu sudah ada sekolah yang direhab, maka tahun ini bangunan lain lagi yang mendapat jatah, begitu seterusnya,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy