Rawan Banjir dan Longsor, BPBD Siaga Dimusim Penghujan – Kendari Pos
Konawe

Rawan Banjir dan Longsor, BPBD Siaga Dimusim Penghujan

KENDARIPOS.CO.ID — Hujan dengan intensitas sedang mulai melanda Kabupaten Konawe. Potensi guyuran hujan lebat juga sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Dikhawatirkan, luapan air akibat curah tinggi tersebut bisa kembali menyebabkan banjir di wilayah itu. Makanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe menginstruksikan jajarannya meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi kemungkinan terulangnya bencana alam yang hampir tiap tahun terus melanda.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Konawe, Samsul, mengatakan, saat ini pihaknya kian waspada menghadapi potensi datangnya banjir. Dari segi kesiapan sumber daya manusia (SDM) di BPBD Konawe, katanya, personel penanggulangan bencana yang terlatih sudah disiapkan jika musibah tersebut melanda. “Sudah ada Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Konawe. Ada 40 personel. Jadi ketika terjadi banjir, mereka sudah siap turun membantu warga yang tertimpa musibah,” ujar Samsul saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/6).

Disamping SDM, kesiapan fasilitas penanganan banjir juga telah “standby” di BPBD Konawe. Samsul menyebut, persediaan armada yang tersedia saat ini sudah lengkap untuk mendukung kelancaran kerja personel TRC ataupun proses evakuasi warga. Armada itu berupa dua unit politilen (perahu boat) dan dua unit perahu katamaran. Selain itu, ada pula empat unit perahu karet namun saat ini kondisinya mengalami kebocoran. “Langkah-langkah antisipasi yang sudah dilakukan BPBD Konawe misalnya, melakukan penyebaran papan informasi imbauan di beberapa titik di kecamatan se-Konawe. Utamanya pada wilayah yang memang langganan banjir misalnya di Lambuya, Asinua dan Soropia,” ungkap Samsul. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy