Randis KPU Muna Disandera Massa Aksi – Kendari Pos
Muna

Randis KPU Muna Disandera Massa Aksi

Randis KPU Muna disandera oleh massa aksi yang menuntut perbaikan jalan poros Raha-Lakapera di Desa Wakumoro Kecamatan Parigi, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan Pilkada di Muna terganggu akibat keamanan dan ketertiban masyarakar (Kamtibmas) yang tak kondusif. Sebuah kendaraan dinas (Randis) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat disandera masyarakat yang menggelar aksi blokade jalan menuntut perbaikan jalan poros Raha-Lakapera.

Mobil dengan nomor polisi DT 1229 D digunakan KPU untuk melakukan sosialisasi tahapan Pilkada di Kecamatan Tongkuno dan Tongkuno Selatan yang dipusatkan di Wakuru. Termasuk di Kec. Bone dan Marobo yang berpusat di Parigi.

Usai sosialisasi, mobil yang ditumpangi Sekretaris KPU Muna Halisi dan tim sosilisasi tersebut disandera massa di Desa Wakumoro Kecamatan Parigi.

Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan mobil yang disandera tersebut merupakan kendaraan operasional yang digunakan mengangkut keperluan bimbingan teknis penyelenggara. Karena penyanderaan itu, KPU tidak memiliki kendaraan operasional untuk penunjang kegiatan kedinasan. “Pastinya kami terganggu, karena sekarang tahapan sosialisasi Pilkada sedang berjalan,” paparnya.

Ia menambahkan, KPU melaksanakan agenda nasional yakni Pilkada. Siapapun yang merintangi tugas penyelenggara, maka dianggap mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi. Hal itu sudah diatur pasal 198A UU 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU 1 tahun 2015 tentang penetapan Perpu 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Ancaman pidanannya paling singkat 12 bulan dan denda paling sedikit Rp12 juta.

“Peyanderaan mobil milik KPU itu termasuk upaya menghalangi amanah konstitusi yakni pelaksanaan Pilkada,” jelasnya. Kubais berharap Kamtibmas saat ini dapat disikapi oleh pemerintah daerah dan penegak hukum. Pasalnya, kesuksesan pelaksanaan Pilkada sangat bergantung kondusiftas. “Kami minta atensi agar tugas KPU bisa terlaksana dengan lancar,” paparnya.

Menurut Muh. Pasitoka, koordinator lapangan aksi menyebut, penyanderaan dilakukan karena mobil KPU berupaya menerobos barikade jalan. Kendati demikian, massa menjamin fasilitas negara itu dalam kondisi aman. “Kami tidak akan lepas sampai tuntutan perbaikan jalan disahuti Pemprov Sultra,” imbuhnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy