Posepa’a, Tradisi Sakral di Hari Besar Wakatobi : Atraksi yang Paling Dinanti-nanti Wisatawan – Kendari Pos
Wakatobi

Posepa’a, Tradisi Sakral di Hari Besar Wakatobi : Atraksi yang Paling Dinanti-nanti Wisatawan

Posepa’a merupakan asalah satu kearifan masyarakat lokal Wakatobi yang memiliki nilai budaya dan yang sangat dijunjung tinggi. Kini, tradisi ini tak hanya tampil di hari besar seperti Ramadan serta perayaan Idul Firti dan Idul Adha, namun juga penyambutan wisatawan

KENDARIPOS.CO.ID — Wakatobi tak hanya memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan, otorita H Arhawi ini juga kaya akan tradisi yang sudah mengakar. Hingga kini, tradisi dan budaya itu masih dilestarikan. Salah satunya budaya Posepa’a yang seakan tak lekang digerus zaman.

Selain masyarakat setempat, peran Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Wakatobi tak perlu diragukan lagi. Posepa’a termasuk salah satu budaya yang terbilang sakral khususnya di komunitas masyarakat di Liya Raya. Pasalnya, budaya ini biasanya dilakukan di bulan Ramadan atau hari Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha.

Kepala Dinas Parekraf Wakatobi, Nadar mengaku bersyukur dengan adanya Posepa’a. Mengingat Posepa’a merupakan salah satu bagian dari khasanah budaya lokal Wakatobi yang hingga kini masih terpelihara. Budaya ini masih terus dihidupkan dan tentunya masih tetap lestari.

“Atraksi budaya ini juga merupakan salah satu kearifan masyarakat lokal kita yang memiliki nilai-nilai budaya dan moral yang tentu sangat dijunjung tinggi. Utamanya komunitas masyarakat kita di Liya Raya,” ungkapnya kemarin.

Posepa’a kata Nadar tentunya menjadi satu potensi dan budaya Wakatobi. Selain memiliki kepentingan, Pemda Wakatobi juga terus mendorong pelestarian budaya Posepa’a. “Pemda juga mensupport masyarakat yang terus mendukung dan menampilkan unsur budaya ini agar terus berkelanjutan,” bebernya.

Kepala Dinas Parekraf Wakatobi, Nadar

Dinas Parekraf Wakatobi melalui promosi even baik dari website hingga materi promosi wisata, Posepa’a termasuk salah satu budaya yang sering diangkat. Apalagi pelaku usaha Pariwista seperti tour operator juga menjadikan Posepa’a sebagai bagian dari atraksi wisata yang dikemas dalam paket wisata mereka.

“Posepa’a ini sudah dikenal dan banyak wisatawan yang menyesuaikan dan hadir di momen Posepa’a. Kita bersyukur secara alamiah dan otomatis masih terpelihara. Kita berharap masih eksis terus dan berkelanjutan,” kata Nadar.

Kendati dalam parkterknya dilakukan pada momen lebaran, namun beberapa kali juga sudah pernah ditampilkan pada beberapa kegiatan sepeti kunjungan kapal pesiar di Wakatobi. Kebanyakan minat wisatawan mancanegara mengunjungi situs benteng Liya.

“Dalam item wisata kapal pesiar ini memang beberapa atraksi yang di organisir oleh komunitas pengelolah pariwisata salah satunya di Liya. Posepa’a ini sering ditampilkan dalam kegiatan ini. Tapi kalau momen lain apalagi ini harus melibatkan banyak orang jarang ditampilkan. Kita tahu bahwa sejatinya Posepa’a ini sakral dilakukan pada saat hari Raya,” pungkasnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy