Poros Mantowu Buton Dibenahi Tahun Depan – Kendari Pos
Buton

Poros Mantowu Buton Dibenahi Tahun Depan


KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi jalan poros di Desa Mantowu, Kecamatan Pasarwajo sampai kini masih rusak parah. Banyak permukaan berlubang yang sulit dihindari bagi pengendara ketika melintasi jalur transportasi itu. Warga pun kerap harus menghirup debu beterbangan jika kendaraan tambang melintas dengan kecepatan tinggi.

Kondisi jalan rusak di Desa Mantowu, Kecamatan Pasarwajo yang tak mendapat perbaikan cukup lama. Jalur itu juga menjadi perlintasan bagi truk pengangkut material tambang.

Ketidaknyamaan warga itu rupanya sudah sampai ke pendengaran Bupati Buton, La Bakry. Buton-1 itu membenarkan jika jalan tersebut memang sudah lama tak mendapat sentuhan perbaikan dari APBD. “Kabawakole sampai Mantowu itu memang agak rusak. Kita bukan tidak ada rencana, sudah masuk agenda tahun ini. Hanya anggaran kita makin kecil dengan adanya wabah virus corona ini,” katanya, kemarin.

Ia pun meminta warga pada dua desa yang ada di poros lintasan tersebut untuk bersabar. Jika tak ada aral melintang, tahun depan anggarannya akan disiapkan. “Kalau di APBD Perubahan, tidak memungkinkan. Karena itu pekerjaan fisik yang butuh waktu. Tahun depan saja,” janjinya.

Kepala Desa Mantowu, Sapril, mengaku sudah lama warganya menanti perbaikan jalan akses utama itu. Bahkan Ia sudah melaporkan langsung ke instansi teknis yakni Dinas Pekerjaan Umum. “Harapan kita hanya satu, jalan rusak ini segera diperbaiki. Karena memang terlalu lama kami menunggu. Makin lama, kian parah kerusakannya,” katanya.

Jalan tersebut kata Kades, kurang lebih 2,5 kilometer dengan lebar sekitar enam meter. Setiap hari ada ratusan kendaraan yang melintas di jalan itu, termasuk menjadi jalur produksi perusahaan tambang yang mengangkut materialnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy