Pengawasan Pelabuhan Kendari Diperketat, Penumpang Wajib Lewati 5 Pos Pemeriksaan – Kendari Pos
Metro Kendari

Pengawasan Pelabuhan Kendari Diperketat, Penumpang Wajib Lewati 5 Pos Pemeriksaan

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona, kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Kendari kian memperketat pengawasan. Setiap penumpang harus melewati pemeriksaan kesehatan yang dilakukan petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari. Kepala KSOP Kelas II Kendari Letkol Marinir Benyamin Ginting menegaskan setiap orang yang menggunakan jasa keberangkatan melalui kapal laut wajib melewati pemeriksaan dari KKP. “Yang paling utama dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 harus ada teman-teman dari KKP memastikan orang-orang ini tidak reaktif,” katanya Benyamin kemarin.

Penerapan ini kata dia, telah dimulai sejak masa mudik lebaran. Setiap penumpang wajib melewati pos penjagaan. Pos satu dijaga personil TNI-Polri. Mereka akan memeriksa identitas diri dan surat tugas atau jalan. Setelah itu, mereka harus melakukan pencatatan ceklis perorangan oleh KSOP. “Setelah selesai di KSOP dicatat masuk pada pos tiga yakni dari KKP diperiksa kesehatan penumpang termasuk jika ada ditemukan reaktif maka teman-teman dari dinas kesehatan kota sudah siap. Pos keempat pembelian tiket. Pembelian tidak dijual di loket namun langsung di kapal. Penumpang dipastikan yang sudah melalui proses baru membeli tiket.

Setiap penumpang harus melewati pemeriksaan kesehatan.

Lebih lanjut masuk pada pos lima untuk stempel,” jelasnya. “Ini insiatif kita karena di pelabuhan kita ini (Kendari) tidak ditutup, Makanya, kita perketat penjagaan di pintu kapal yang terdiri dari petugas gabungan. Dimana orang yang naik belum ada stempel dia belum melewati proses tersebut tidak diperbolehkan naik di kapal,” ungkapnya.

Untuk arus balik, pihaknya tidak menerapkan karena menerima penumpang dari kedatangan. Jadi penerapan ini secara otomatis sudah diberlakukan dari daerah asal. “Jadi proses ini harus diterapkan didaerah asal. Maka mereka harus melalui itu dari pelabuhan pemberangkatan. Karena di sini (Kendari) hanya menerima dan ini diperpanjang sampai tanggal 7 Juni sesuai surat edaran nomor 5 yang dikeluarkan gugus tugas pusat. Dan sejauh ini belum ada tanda-tanda peningkatan penumpang, masih normal saja,” ungkapnya.

Kepala Pos Syahbandar Terminal Pangkalan Perahu Kendari, La Ode Muhammad Hayruddin mengatakan sejauh ini memang tidak ada lonjakan penumpang. Kondisi ini sudah berlangsung sebelum Idul Fitri. Hingga kini, penumpang kapal malam, dari kapasitas 200 terbanyak yang isi itu hanya sekira 169 an orang. “Jadi jumlah itu masih dalam hitungan normal,”terangnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy