Penerima BSPS di Wakatobi Capai 470 Unit Rumah – Kendari Pos
Wakatobi

Penerima BSPS di Wakatobi Capai 470 Unit Rumah

Bupati Wakatobi, H. Arhawi


KENDARIPOS.CO.ID — Selain program hibah jalan, Kabupaten Wakatobi tahun ini juga mendapatkan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Ada sebanyak 470 unit rumah yang kurang layak di Wakatobi akan dibedah tahun ini secara bertahap. Bupati Wakatobi, H. Arhawi mengaku bersyukur atas perhatian serius dari Pemerintah Pusat untuk daerahnya melalui program tersebut. Apalagi kata dia, berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tahun 2016, di Kabupaten Wakatobi terdapat 4.988 rumah tidak layak huni yang tersebar pada delapan kecamatan.

“Dan Pemkab Wakatobi tak henti-hentinya selalu berupaya mengurangi jumlah tersebut melalui berbagai program baik yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten,” ungkap Arhawi, kemarin. Kendati penyalurannya dilakukan secara bertahap, namun rumah warga yang tak layak huni masing-masing diberikan tabungan senilai Rp 17,5 juta. “Jadi penyaluran tahapan pertamanya baru 140 rumah. Sisanya nanti ditahap berikut,” sambung Wakatobi-1 itu.

Arhawi menyebut, sejak tahun 2017 lalu hingga saat ini, Pemkab Wakatobi terus membangun rumah warga yang dinilai tidak layak huni. “Sekarang yang tercatat sudah sebanyak 2.318 unit rumah yang dibedah baik melalui dana APBN, APBD provinsi maupun kabupaten. Alhamdulillah kita patut bersyukur karena ada begitu banyak bantuan dari pusat, provinsi maupun daerah untuk masyarakat Wakatobi,” ungkapnya.

Tahun 2020, program BSPS menggandeng Bank Mandiri sebagai penyaluran dana bantuan. Program ini akan diawasi oleh Pemkab dan memiliki Tenaga Pendamping Lapangan. Ia berharap, bantuan itu dapat mengurangi beban seluruh penerima. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy