Pemkab Buton Siapkan 500 Hektare Lahan untuk Kawasan Terpadu – Kendari Pos
Buton

Pemkab Buton Siapkan 500 Hektare Lahan untuk Kawasan Terpadu

KENDARIPOS.CO.ID — Lahan seluas 500 hektare disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton sebagai cadangan untuk pengembangan kawasan terpadu. Zona pembudidayaan perikanan dan kelautan diintegrasikan dengan pengembangan pertanian juga peternakan. Kawasan itu akan dikembangkan di Kecamatan Lasalimu. Bupati Buton, La Bakry, mengungkapkan, pembangunan kawasan tersebut sudah mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk didorong bersama ke Pemerintah Pusat. Pihaknya hanya diminta menyiapkan lahan.

“Pencadangan lahan 500 hektare itu sebagian besar pinggir pantai. Nanti dibuat transmigrasi nelayan kawasan ekonomi kelautan dan perikanan terpadu,” ungkap La Bakry, kemarin. Konsep kependudukannya nanti akan dihuni oleh 80 persen masyarakat lokal Buton. 20 persen lainnya adalah tenaga ahli yang didatangkankan dari berbagai daerah. “20 persen itu yang bawa ilmu, supaya menstimulus semangat dan motivasi masyarakat kita,” gagasnya.

Jika ada program Pemerintah Pusat, kata bupati, nantinya akan langsung diarahkan ke kawasan itu. Jika tidak, maka bisa dipihakketigakan. “Intinya kita siap. Dalam waktu dekat kita akan bahas lagi dengan Pemprov,” sambungnya. Soal status lahan, Buton-1 itu mengaku telah dibebaskan oleh Pemkab saat masa jabatan Bupati, LM. Safei. “Saya sudah sampaikan ke Dinas Transmigrasi untuk inventarisasi lagi. Karena sudah ada beberapa warga yang menempati lahan tersebut,” terangnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy