Pembukaan Sekolah Tunggu Putusan Menteri – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Pembukaan Sekolah Tunggu Putusan Menteri

KENDARIPOS.CO.ID — Kehidupan baru dimasa pemdemi Covid-19 di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sudah diterapkan sejak beberapa waktu terakhir. Masyarakat di wilayah itu diberikan kebebasan beraktivitas dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Namun, pemandangan berbeda terjadi di dunia pendidikan. Aktivitas belajar mengajar di Pulau Wawonii belum juga berlangsung sampai saat ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) masih menunggu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, untuk membuka kembali sekolah-sekolah yang ada di Bumi Wawonii.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Muh. Yani mengatakan, pihaknya sudah siap mengaktifkan kembali proses belajar mengajar di masa pendemi Covid-19. Para Kepala Sekolah Sekolah Dasar (SD) dan SMP diperintahkan menerapkan protokol kesehatan, sebelum murid melakukan proses belajar. “Saya sudah perintahkan untuk menganggarkan dari dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk kebutuhan-kebutuhan protokol kesehatan. Misalnya, pengadaan tempat cuci tangan, masker dan hand sanitizer,” kata Muh. Yani.

Muh Yani

Di tempat terpisah, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Konkep, Safiudin Alibas menjelaskan, Pemkab Konkep sudah siap membuka kembali sekolah untuk melakukan aktivitas belajar mengajar. Namun sampai saat ini belum ada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan soal kehidupan baru pada sektor itu. “Belum ada keputusan menteri untuk membuka kembali sekolah,” jelasnya. Pihaknya akan mengambil langkah-langkah agar proses belajar mengajar kembali diterapkan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konkep itu menduga, imbauan bagi pelajar untuk belajar di rumah, tak dijalankan dengan maksimal. “Apa lagi yang orang tuanya sebagai nelayan dan petani. Bisa saja anak-anak itu ikut berkebun atau mencari ikan. Juga karena tidak semua orang tua siswa punya kemampuan mendidik. Yang jelas Pemkab Konkep sudah siap melaksanakan kembali aktivitas belajar di sekolah. Tingal menunggu keputusan menteri saja,” tandas Safiudin Alibas. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy