Pemanfaatan Pasar Pagi di Wakatobi Belum Efektif – Kendari Pos
Wakatobi

Pemanfaatan Pasar Pagi di Wakatobi Belum Efektif

Kendati ada oknum pedagang nakal enggan memanfaatkan dengan baik kios yang ada, namun sebagian pedagang di Pasar Pagi Wangiwangi tetap eksis dan selalu membuka lods untuk transaksi jual beli, setiap hari.


KENDARIPOS.CO.ID — Peringatan keras Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) pada oknum pedagang nakal di Pasar Pagi Wangiwangi, belum memberi efek berarti. Hingga saat ini, masih ada beberapa kios yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pedagang. Sejumlah kios milik pedagang dibiarkan tertutup dan tidak terlihat transaksi jual beli seperti lainnya.

Padahal sejak tahun lalu, pihak Disperindag Wakatobi telah mendapat teguran melalui temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) karena banyaknya kios yang hanya dijadikan gudang oleh oknum pedagang nakal. Makanya, lembaga tersebut telah melakukan langkah persuasif hingga tindakan tegas. Sayangnya, masih ada oknum yang tak mengindahkan peringatan.

Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Wakatobi, Jamaludin, mengakui hingga sekarang pemanfaatan kios belum efektif. Padahal kata dia permintaan pedagang untuk menambah fasilitas di pasar ini sudah dipenuhi. “Mereka minta dibangunkan mushala dan WC, kita penuhi. Ada juga lokasi yang kita paving blok karena sesuai permintaan mereka. Tapi lihat saja kondisinya masih belum efektif. Tetap ada kios yang tutup,” sorotnya, kemarin.

Bahkan untuk mengefektifkan kios dan lods yang belum difungsikan dengan baik, pihaknya telah meminta pedagang lain untuk mengisi lokasi tersebut. Sayangnya, hal tersebut justru mendaftar reaksi penolakan dari sejumlah oknum pedagang. “Kita ganti dengan yang lain, ada juga yang datang mengadu dan mengaku tidak terima. Bahkan ada yang marah ke pihak kami. Padahal kita sudah jelaskan secara baik-baik mereka tidak paham,” beber Jamaludin.

Sementara itu, pihaknya terpaksa tak bisa mengoptimalkan penerimaan retribusi. Jika kondisi Pasar Pagi tidak dimaksimalkan dengan baik tentu bakal berimbas pada pendapatan asli daerah (PAD) Wakatobi. “Mana ada retribusi. Jika kita minta retribusi, jadinya Pungli. Khususnya beberapa kios yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Kalau tidak menjual bagaimana bisa kita minta retribusinya,” jawab Jamaludin.

Namun, pihaknya akan melakukan tindakan tegas pada oknum yang enggan mengindahkan aturan. “Kita selesaikan dulu Pasar Sentral II dan Kabupaten, setelah itu kita urus yang ini. Kami akan ambil langkah tegas,” janjinya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy