Pasar Tradisional di Buton Kembali Dinamis – Kendari Pos
Buton

Pasar Tradisional di Buton Kembali Dinamis

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas jual beli di pasar tradisional pusat kota Pasarwajo sempat sepi. Demi memutus mata rantai penyebaran virus corona, warga banyak tinggal di rumah. Akibatnya, perputaran duit di sentra perkulakan itu jadi melambat. Sebulan terakhir, situasi itu mulai berubah. Pasar mulai ramai. Bertameng masker dan melakukan aksi cuci tangan, pedagang dan pengunjung kini sudah luwes bertransaksi di pasar.

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti menyebut, geliat ekonomi di Buton kini berangsur normal dengan tatanan normal baru. Itu terlihat jelas pada tingkat keramaian pada dua pasar utama yang baru saja dikunjunginya kemarin, yakni Pasar Sabo dan Pasar Kaloko.
“Pasar sudah ramai. Kelihatan saat kami bagi masker hari ini. Sangat berbeda dengan awal kabar corona ini merebak. Sekarang dengan cara semua pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan, masyarakat sudah bisa keluar, termasuk ke pasar. Inilah new normal yang kita maksud, membiasakan diri dengan protokoler kesehatan,” paparnya.

Mantan anggota DPRD Buton itu sudah mengimbau agar semua pemilik toko menyiapkan sendiri tempat cuci tangannya. Untuk di pasar memang tugas Pemkab. Tapi di masing-masing lods perlu ada tambaham juga. “Ini demi keamanan kita bersama. Jangan lupa, para ibu dan bapak, sepulang dari pasar langsung membersihkan diri juga di rumah,” ajaknya saat berinteraksi sambil sembari membagikan masker di Pasar Sabo, kemarin.

Salah satu pedagang Pasar Sabo, Udin, mengaku senang mendapat masker gratis dari pemerintah. Selama beraktivitas di pasar, Ia butuh lebih dari satu masker setiap harinya. “Tadi Pak Kapolres juga kasih. Saya berterima kasih sekali, kalau bisa masih ada lagi ke depan. Karena kita butuh banyak masker. Satu hari butuh dua,” harapnya. (adv/mel/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy