Pandemi, Jadi Momentum UHO Lebih Mengakrabi Teknologi – Kendari Pos
Edukasi

Pandemi, Jadi Momentum UHO Lebih Mengakrabi Teknologi

KENDARIPOS.CO.ID — Mewabahnya Corona Virus (Covid-19) memberikan pengaruh yang besar pada dunia pendidikan, termasuk pada Perguruan Tinggi (PT). Akibat pandemi ini memaksa pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan proses perkuliahan secara Daring atau online, yang sebelumnya berlangsung secara tatap muka atau Luring.

Kendati demikian, adanya Covid-19 juga memberikan dampak positif, khususnya dalam pemanfaatan teknologi di lingkup kampus. Hal ini diungkapkan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Sc., M.Si., pekan lalu.

Katanya, saat ini pihaknya semakin akrab dengan Teknologi Informasi (IT), sejak diterapkanya perkuliahan dalam jaringan atau online di tengah pandemi Covid-19. Diakuinya, wabah ini memaksa sivitas akademika khususnya, mahasiswa dituntut untuk menguasai IT sebagai bekal mengikuti perkuliahan. Sekaligus sebagai upaya pihak kampus melancarkan kegiatan akademik maupun nonakademik.

“Kalau dulu kadang-kadang menggunakan teknologi. Sekarang kita dipaksa dan harus bersahabat dengan IT, tapi itu sangat positif,” tutur Prof. Zamrun, pekan lalu.

Menurutnya, di era revolusi industri 4.0 ini, dunia pendidikan terus dihadapkan oleh berbagai tantangan dengan adanya perubahan yang ada. Ditambah adanya pandemi Covid-19, kembali menuntut perguruan tinggi untuk secara cepat melakukan penyesuaian dalam penyelenggaran pendidikan dengan mengubah metode pembelajaran tatap muka menjadi Daring.

“Di UHO sejak pandemi Covid-19 mewabah di Sultra, saya langsung mengeluarkan kebijakan dengan mengganti segala kegiatan akademik dan perkuliahan yang bersifat tatap muka menjadi virtual, dengan tujuan memberikan keamanan bagi seluruh warga kampus,” katanya.

Meskipun memiliki banyak manfaat, diakui Prof Zamrun, perkuliahan daring tidak terlepas dari kekurangan. Mengingat tidak sepenuhnya perkuliahan dapat diselesaikan secara online, karena ada kegiatan hanya bisa dilakukan menggunakan tatap muka. “Jadi tantangan kedepan bagaimana memastikan proses pelayanan Akademik maupun nonakademik berlangsung dengan baik dan lancar. Tentu dengan standar protokol kesehatan yang baik ditunjang dengan kemampuan IT yang memadai,” beber Mantan Dekan DMIPA UHO itu.

Untuk melakukan penilaian dan perbaikan sistem perkuliahan yang sedang berjalan, pihaknya juga sedang melakukan survei keefektifan. “Kalau dipikir-pikir survei ini mungkin tingkat keberhasilannya sampai 60%-70%. Dan saya yakin secara nasional melakukan hal yang sama,” tutupnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy