New Normal : Dispar Sultra Buka Objek Wisata, Pintu Masuk Dijaga Ketat – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

New Normal : Dispar Sultra Buka Objek Wisata, Pintu Masuk Dijaga Ketat

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Sultra, I Gede Panca (tengah) dan Direktur Utama Harian Kendari Pos, Irwan Zainuddin (dua dari kanan) didampingi Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra (kanan), Manajer Iklan/Sponsorship Kendari Pos, Awal Nurjadin (kiri) dan manjer Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin (dua dari kiri). FOTO: MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Semua elemen di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini tengah bersiap menyambut masa pemberlakuan new normal di tengah pandemi Covid-19. Sektor-sektor ekonomi dan objek vital lainnya akan segera dibuka atau beroperasional kembali. Pembukaan sektor-sektor itu dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan.

Menjelang penerapan new normal, sejumlah destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) rencananya akan dibuka kembali. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, I Gede Panca menguraikan penerapan new normal di instansinya saat
bincang santai bersama Direktur Utama Harian Kendari Pos, Irwan Zainuddin bersama jajaran manajemen dan pemimpin redaksi Kendari Pos.

“Pemerintah berencana membuka kembali objek wisata yang ada di Sultra. Sejumlah protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 akan diterapkan, seperti cuci tangan sebelum masuk area wisata, mencegah kerumunan, dan memakai masker. Pintu masuk setiap objek wisata akan dijaga secara ketat guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19),” ujar I Gede Panca di ruang kerjanya, Rabu (3/6).

Gede Panca menyebut saat ini terdapat sekira 2.067 potensi objek wisata atraksi dan 1.085 potensi wisata alam yang tersebar pada 17 kabupaten dan kota di Sultra. Potensi wisata tersebut, kata dia, harus dimanfaatkan dan dikelola secara optimal guna menopang perekonomian daerah.

Kendati belum ada objek wisata yang dioperasikan, pemerintah rupanya telah menyiapkan kebijakan stimulus untuk mendukung aktivitas ekonomi di destinasi wisata nantinya. Diungkapkan Gede, Pemprov Sultra melalui Dinas Pariwisata Sultra, akan memberikan stimulus permodalan bagi para pelaku usaha mikro di sektor pariwisata.

“Gubernur sudah menganggarkan sebesar Rp 2 miliar. Dari anggaran itu, setiap orang akan diberikan stimulan modal senilai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Dengan anggaran tersebut diharapkan geliat ekonomi di sektor wisata bisa tumbuh kembali. Ketika objek wisata dibuka, mereka bisa berjualan kembali. Dananya akan disalurkan jika sektor pariwisata sudah dibuka,” terangnya.

Gede Panca mengatakan pelaku usaha di bidang pariwisata “melirik” Sultra sebagai terbaik ke-5 secara nasional untuk investasi saat ini.

“Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sulawesi dari sektor ini mencapai lebih dari 1 triliun rupiah. Di Sultra, kita punya satu keunggulan untuk pengembangan pariwisata yakni masyarakat yang ramah terhadap tamu,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Harian Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi rencana Dinas Pariwisata Sultra. Menurutnya, bukan hanya keindahan alam, kekayaan budaya dan kearifan lokal daerah bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Potensi pengembangan pariwisata di Sultra sangat besar. Kendari Pos akan mendukung upaya pemerintah dalam memajukan wisata daerah,” ujar Irwan Zainuddin didampingi Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra, Manajer Iklan Kendari Pos, Awal Nurjadin dan manjer Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy