Minimalisir Potensi Banjir, Drainase Anggoeya Mulai Difungsikan – Kendari Pos
Metro Kendari

Minimalisir Potensi Banjir, Drainase Anggoeya Mulai Difungsikan

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir memantau proyek pembangunan drainase Anggoeya.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tak hentinya berinovasi dalam meminimalisir potensi banjir di Kota Lulo. Kali ini, Pemkot mulai memfungsikan drainase penampung di kawasan Anggoeya, Kendari.

“Pembangunan drainase penampung tuntas akhir tahun kemarin. Sehigga saat ini drainasenya sudah berfungsi,” kata Aswido, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Kendari.

Drainase Anggoeya yang dalam pembangunannya menggunakan APBD sekira Rp 4,6 miliar itu kata Aswido, berfungsi sebagai drainase penampung dan pembuangan akhir. “Curah hujan dikawasan Anggoeya dan sekitarnya cukup tinggi, ditambah lokasi wilayah yang datar berpotensi terjadi banjir saat musim penghujan. Nah, dengan berfunsinya drainase ini, kami pastikan potensi banjir dikawasan tersebut (Anggoeya, Red) bisa berkurang,” ungkap Aswido.

Dengan beroperasinya drainase tersebut, lanjut Aswido, maka secara otomatis sistem drainase di Kota Kendari terintegrasi mulai dari hulu ke hilir. Maksudnya, aliran air hujan yang berasal dari pusat kota, bisa langsung diarahakan kelaut.

“Dengan ukuran yang cukup besar sekitar 200 meter persegi, drainase Anggoeya mampu menampung debit air hujan baik yang berasal dari kawasan Anggoeya sendiri, maupun yang berasal dari pusat kota. Soal berapa banyak debitnya saya tidak bisa pastikan, yang jelasnya saat air hujan baik dalam jumlah yang besar sekalipun itu bisa singgah dan langsung kelaut,” kata Aswido.

Terpisah Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengapresiasi penuntasan pembangunan drainase Anggoeya. Menurutnya hadirnya drainase tersebut semakin melengkapi sistem drainase dari hulu ke hilir. “Semua harus terintegrasi. Saat ini dihulu, kami bersama BWS sedang membangun kolam retensi yang akan tuntas tahun ini. Nah sedangkan dihilis kita baru tuntaskan drainase Anggoeya. Insyah Allah usah kita ini bisa meminimalisir potensi banjir di Kendari,” tandasnya. (b/adv/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy