Menuju New Normal, PA Unaaha Inovasi Sistem Layanan Berbasis Elektronik – Kendari Pos
Konawe

Menuju New Normal, PA Unaaha Inovasi Sistem Layanan Berbasis Elektronik

Ketua PA Unaaha, Najmiah Sunusi, S.Ag., MH

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi covid-19 yang menggiring kehidupan berusaha beradaptasi dengan new normal membuat Pengadilan Agama (PA) Unaaha berusaha menciptakan inovasi agar tetap eksis dalam memberikan pelayanan peradilan pada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menghadirkan layanan elektronik dalam menjawab kebutuhan masyarakat yang berkenaan dengan PA Unaaha. Ketua PA Unaaha, Najmiah Sunusi, S.Ag., MH., melaunching sembilan program berbasis elektronik dalam memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan, Rabu (3/6).

Najmiah Sunusi mengatakan, sembilan program yang menjadi inovasi PA Unaaha meliputi prioritas service atau layanan prioritas bagi pihak berkebutuhan khusus, pendaftaran perkara melalui aplikasi Whatsapp (Pandawa), Quick Response for Justice (QR-J), e-SKM, e-Tamu, santri damayanti v.1.5, SiAP Online, e-Cuti dan Perpustakaan Digital. Masyarakat berkebutuhan khusus baik kelompok difabel, manula dan ibu hamil bisa mendapatkan layanan informasi dan pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran, sidang, mediasi dan layanan lainnya melalui program prioritas service.

Ketua PA Unaaha Najmiah Sunusi (tiga kiri) meluncurkan program inovasi berbasis digital

“Kalau program Pandawa ini, menjadi solusi cepat yang ditempuh di masa pendemi Covid-19 dimana terdapat pembatasan pemberian layanan secara tatap muka langsung dengan masyarakat dan pembatasan berkumpulnya jumlah orang. Cukup dengan komunikasi melalui WhatsApp, masyarakat bisa mendapatkan informasi dan layanan konsultasi. Termasuk verifikasi dokumen gugatan dan penyampaian softcopy gugatan dan semacamnya,” jelas Najmiah Sunusi.

Ia menambahkan, masyarakat Konawe, Konawe Kepulauan dan Konawe Utara juga bisa mengakses layanan peradilan dengan sederhana. Masyarakat yang telah mendaftarkan perkaranya akan memperoleh Kode QR (QR Code) unik sesuai nomor register perkaranya. Output berupa sebuah kartu QR yang diberikan petugas setelah perkara didaftar, dibawa oleh para pihak setiap kali hadir dalam proses di pengadilan selanjutnya.

Syukuran peresmian Mushalla PA Unaaha

“Inovasi yang baru pertama kali untuk seluruh pengadilan agama di Indonesia baru PA Unaaha yang menerapkannya yakni aplikasi e-Tamu. Bagian dari sistem layanan yang digunakan untuk perekaman identitas pengunjung, khususnya tamu yang akan menemui aparat atau pejabat pengadilan. Kami melakukan perekaman terhadap tamu di resepsionis untuk identitas dasar dan pemindaian wajah pengunjung,” katanya.

“Begitu pula dengan program lainnya yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat, khususnya yang berada dalam lingkup PA Unaaha dalam mendapatkan pelayanan. Apalagi, saat ini kita sedang berhadapan dengan pandemi covid-19. Termasuk mempersiapkan diri dalam menghadapi implementasi new normal Indonesia,” tambahnya. Launching program inovasi PA Unaaha tersebut turut dihadiri seluruh forum komunikasi pimpinan daerah tiga kabupaten yakni Konawe, Konut dan Konkep. (adi)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy