Menuju New Normal, Dinkes Sultra Tekan Angka Penyebaran Covid-19 – Kendari Pos
Metro Kendari

Menuju New Normal, Dinkes Sultra Tekan Angka Penyebaran Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra berupaya memperoleh izin dari pemerintah pusat untuk melaksanakan new normal. Tak heran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra bekerja keras memutus penyebaran pandemi sehingga bisa mencapai status dibawah satu Reproduction Number (RO) Covid-19, syarat menerapkan new normal.

“Jadi Sultra, kita RO masih diatas satu. Secara normal kita belum bisa langsung menerapkan new normal, hanya beberapa kota dan provinsi di Indonesia bisa memenuhi syarat. Tetapi kita terus memantau itu,”kata dr. Ridwan, Kepala Dinkes Sultra.

Saat ini pemeriksaan rapide test secara massal masif dilakukan. Tujuannya mencari dan menemukan warga reaktif pandemi, hingga benar-benar tidak ada lagi kasus yang ditemukan. “Secara masif kita mengedukasi warga menerapkan protokol kesehatan agar bisa menurunkan RO dibawah satu persen. Sebab, saat ini kita masih status bencana nasional pandemi Covid-19,” paparnya.

Dia melanjutkan, istilah RO adalah jumlah kasus baru yang tertular dari satu kasus infektif pada populasi sepenuhnya yang rentan. RO biasanya digunakan di awal adanya kasus atau pertumbuhan kasus secara eksponensial, untuk menunjukkan potensi besarnya pandemi.

“Saya melihat saat ini trend angka kasus positif pandemi ini sudah mulai menurun dan angka kesembuhan sudah mulai meningkat. Kita nanti melihat R0 nya, apakah suatu daerah itu sudah bebas atau belum. Saat ini posisi Sultra R0 nya belum kurang dari satu. Ini menandakan bahwa satu orang mampu menularkan virus pada satu orang yang lainya. Kalau R0 nya sudah kurang dari satu maka kita akan new normal. Insya Allah ini terus kita pantau dan kedepan bila angkanya sudah kurang kita juga akan segera new normal,”ucapnya.

Menurutnya, kerjasama pemerintah dan masyarakat harus terus dilakukan guna menekan angka penyebaran pandemi. Jika jumlah positif terus meningkat maka pemerintah pusat juga secara otomatis tidak akan mengizinkan Sultra untuk new normal.

Dalam penerapan new normal, kata dia, seluruh masyarakat harus memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Penggunaan masker, jaga jarak serta sering cuci tangan. Jadi kesadaran ini bukan hanya ada di pemerintah namun juga untuk masyarakat sehingga pandemi ini bisa diredam. “Saya berharap pandemi ini sudah harus berakhir dengan new normal,”harapnya. (rah/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy