Manfaat Konsumsi Buah Semangka yang Wajib Anda Ketahui – Kendari Pos
Kesehatan

Manfaat Konsumsi Buah Semangka yang Wajib Anda Ketahui

KENDARIPOS.CO.ID — Semangka merupakan buah yang kaya serat dan air. Semangka juga kaya nutrisi dan ternyata memiliki nilai Glikemik Indeks (GI) atau gula yang tinggi. Bagi penderita diabetes yang ingin makan semangka tentunya bertanya apakah aman bagi kadar gula darahnya. Dilansir dari Jawa Pos Kesehatan, Rabu (17/6), beberapa penelitian menunjukkan manfaat semangka terhadap kesehatan tubuh.

Semangka mengandung gula alami. Maka jumlah semangka yang dikonsumsi mungkin berdampak pada kadar gula darah. Semangka mengandung vitamin A, C, B, Kalsium, dan potasium. Karena tinggi serat, makan semangka dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, semangka memiliki lebih dari 90 persen kandungan air. Semangka mengandung likopen dalam jumlah sedang, yaitu pigmen yang memberi warna pada buah. Ini juga merupakan antioksidan kuat.

Semangka memiliki kandungan nutrisi luar biasa. Dan pastinya sangat bermanfaat bagi tubuh. Diantara nutrisi tersebut adalah energi, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, vitamin C, folat, vitamin A , beta karoten, Lutein dan zeaxanthin, Lycopene, Vitamin B, seperti tiamin, niasin, dan riboflavin. Juga ada zinc, mangan, selenium, fluorida, dan mineral penting lainnya. Dilansir dari laman SehatQ dan Halodokter, ada beberapa manfaat makan semangka untuk kesehatan.

Salah satunya bisa mengatasi dan mencegah impoten. dr. Bhimu Patil, Direktur Texas Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, menjelaskan, penelitian menunjukkan bahwa manfaat semangka sebagai obat kuat alami untuk pria. Ini karena makan semangka dapat memberikan efek yang sama seperti viagra. “Bisa mengobati impoten, dan mencegah impoten,” dr Bhimu Patil sebagaimana dilansir dari laman SehatQ, kemarin.

Kelebihan semangka, lanjut dia, tidak menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi jika seseorang mengonsumsi obat kuat.
Tidak hanya daging buahnya, manfaat kulit semangka dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi ringan hingga sedang. Kekuatan penambah libidonya berasal dari asam amino citrulline, yang terkandung di kulit. “Jadi, sangat bermanfaat,” jelasnya.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

*Menyehatkan Jantung
Selain tomat, semangka menjadi salah satu buah yang sangat kaya likopen. Likopen adalah karotenoid, salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas. Selain itu, likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung koroner. Khasiat ini didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung.

*Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam The American Journal of Hypertension, bahwa manfaat semangka dalam bentuk ekstrak dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk yang menderita hipertensi. Ini karena jumlah kalium dan magnesium yang ada dalam semangka sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

*Menyehatkan Mata
Kandungan beta-karoten, vitamin A, vitamin C, lutein, dan zeaxanthin dalam semangka merupakan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kekurangan vitamin A yang serius dapat menyebabkan degenerasi makula, suatu kondisi yang ditandai dengan penebalan kornea yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah pada mata dan bahkan kebutaan.

*Menangkal Radikal Bebas
Semangka adalah sumber likopen yang luar biasa. Kandungan likopen ini menjadikan manfaat semangka sangat bagus untuk kesehatan jantung dan tulang, karena likopen berfungsi sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, kemampuan likopen sangat menakjubkan untuk menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh.

*Menyehatkan Tulang
Vitamin C sangat berperan penting karena nutrisi ini baik untuk kesehatan tulang dan membantu penyembuhan luka. Sebuah penelitian di Swiss menunjukkan bahwa mendapatkan suplemen likopen (terkandung dalam semangka) dapat mencegah osteoporosis dan patah tulang. Vitamin A dalam semangka juga terkait dengan pertumbuhan tulang.

*Mencegah Dehidrasi
Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Maka tak heran jika buah ini sangat disukai di wilayah tropis dan menjadi buah favorit saat musim panas di negara empat musim. Berkat kandungan air yang sangat tinggi, khasiat buah semangka membuat seseorang terhindar dari dehidrasi dan rasanya tentu lebih enak daripada air mineral biasa.

*Mencegah Kanker
Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Laura Bowers, Departemen Gizi, University of North Carolina di Chapel Hill, AS menunjukkan bahwa insulin-like growth factors (IGF) atau faktor pertumbuhan sepetri insulin yang lebih rendah penting untuk mengobati kanker. Manfaat semangka juga membantu menurunkan insulin yang sering menjadi faktor utama kanker memburuk.

*Mencegah Asma
Menjadi salah satu antioksidan yang berperan penting, likopen dapat membantu reaksi tubuh terhadap dingin dan flu. Hal yang lebih menarik adalah antioksidan diyakini bisa mengurangi asma pada anak-anak. Khasiat buah semangka juga memungkinkan penderita asma bisa bernapas dengan lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 17 orang dewasa penderita asma menunjukkan bahwa likopen memiliki efek terapeutik pada asma. Jika asupan likopen ditambah vitamin A yang cukup akan semakin bermanfaat bagi penderita penyakit asma.

*Mengurangi Risiko Kolesterol
Khasiat buah semangka dapat membantu mengurangi kolesterol dan menjaga jantung terhindar dari berbagai kondisi berbahaya karena serat dalam semangka bersama dengan vitamin C, karotenoid, dan kalium. Sebuah penelitian di tahun 2014 menyebutkan bahwa likopen, yang termasuk dalam karotenoid ditemukan melimpah dalam semangka dapat meningkatkan fungsi jantung.

*Mengontrol Diabetes
Saat Anda mengonsumsi semangka, ginjal mengubah satu asam amino, L-citrulline, menjadi asam amino lain, L-arginine. Dua asam amino ini memiliki banyak manfaat kesehatan, tidak sedikit digunakan mengontrol diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat semangka dapat mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin karena kandungan suplementasi L-arginine.

*Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat semangka juga dapat meningkatkan kadar arginin, asam amino penting yang digunakan untuk sintesis oksida nitrat. Oksida nitrat tidak hanya membantu melebarkan pembuluh darah agar peredaran darah tetap lancar dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, tetapi juga bekerja dalam mengatur sistem kekebalan tubuh.

*Membantu Membuang Racun
Semangka adalah buah yang mengandung banyak air (bahkan diperkirakan memiliki sekitar 91 persen air) yang dapat membantu detoksifikasi (membuang racun) dan membersihkan tubuh dari kelebihan cairan, menghilangkan kembung, dan bengkak. Kandungan kalium dan magnesium dalam semangka juga penting untuk membantu detoksifikasi. Kalium berfungsi sebagai elektrolit, meningkatkan peredaran darah sambil mengatur aliran darah, dan tingkat hidrasi dalam tubuh, yang memungkinkan oksigen mencapai sel-sel.

*Mencegah Penuaan
Semangka merupakan sumber vitamin C, nutrisi yang penting untuk sintesis kolagen. Kolagen berfungsi menjaga kulit tetap kenyal. Menurut sebuah penelitian di Jerman, likopen dan beta-karoten berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Beta-karoten juga dikenal dapat mencegah kondisi kulit tertentu seperti psoriasis dan vitiligo. Sedangkan vitamin A dalam semangka adalah nutrisi penting lainnya yang membantu kesehatan kulit dengan mencegah radikal bebas penyebab penuaan, memperbaiki, dan membentuk sel-sel kulit baru. Tak bisa dibayangkan, kulit mungkin akan tampak kusam dan terkelupas jika tanpa nutrisi ini. (shq/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy