Lancar, Hari Pertama PPDB SD/SMP di Kota Kendari – Kendari Pos
Edukasi

Lancar, Hari Pertama PPDB SD/SMP di Kota Kendari

Siswa SD pada salah satu sekolah di Kendari.


KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 tingkat SD dan SMP di Kota Kendari sementara berlangsung. Para orang tua sudah bisa mendaftarkan putra-putrinya sejak 29 Juni-4 Juli 2020 secara onlin atau Daring. Pelaksanaan PPDB tersebut sesuai dengan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPDB tahun 2019/2020 dimasa pandemi covid-19.

Kepala Bidang Dinas Pendidikan dan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Muchdar Alimin mengatakan pendaftaran PPDB di Kota Kendari serentak berlangsung mulai Senin 29 Juni sampai 4 Juli mendatang, melalui link yang telah disiapkan oleh Dikmudora Kendari. “Orang tua tidak perlu lagi repot datang ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya. Cukup melakukan pendaftaran di http//:dikmudora.kendarikota.go.id.ppdb/,” ungkapnya pada Kendari Pos, Senin (29/6).

Diakuinya, pelaksanaan PPDB tahun ini memang mengalami sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, khususnya pada jalur zonasi. Jika tahun lalu jalur zonasi ditentukan berdasarkan zona kecamatan, maka tahun ini dipersempit menjadi zona Kelurahan. Hal ini dilakukan Dikmudora guna menghidari membludaknya jumlah pendaftar pada sekolah-sekolah tertentu. “Tahun kemarin kan, ada banyak peserta didik ditolak pada sekolah tempatnya mendaftar, akibat dari besaran pendaftar tidak sebanding dengan besaran kuota yang disediakan oleh sekolah,” tuturnya.

Di Kota Kendari, daya tampung yang akan diterima tahun ini kurang lebih 12.000 siswa, dengan rincian SD 6000 dan SMP 5.700 kursi. Penetapan kuota ini mengacu pada lulusan dari TK dan SD yang tersebar di Kota Kendari. “PPDB tahun ini dibuka melalu empat jalur yakni, jalur zonasi, prestasi, afirmasi dan mutasi. Masing-masing jalur ini memiliki besaran kuota yang telah ditentukan,” terangnya.

Pantauan Kendari Pos, proses PPDB hari pertama di beberapa SD-SMP di Kota Kendari tidak mengalami kendala yang berarti. Di SMPN 4 Kendari misalnya, suasana PPDB 2020 di sekolah peraih Adiwiyata Nasional tersebut terbilang lancar dan tanpa kendala yang berarti. Hanya terdapat beberapa orang tua yang datang untuk memperoleh informasi seputar mekanisme pendaftaran PPDB 2020 tahun ini.

“Hari pertama ini, beberapa orang tua datang di sekolah untuk menanyakan cara-cara pendaftaran PPDB di tahun ini. Setelah kami jelaskan dan berikan link pendaftaranya, para orang tua tersebut kembali ke rumah masing-masing dan mendaftarkan anaknya sendiri secara online,” kata Kepala SMPN 4 Kendari, Muh. Saleh di ruang kerjanya.

Lanjut dia, pihaknya juga memberikan fasilitas bagi para orang tua yang tidak memiliki sarana prasarana untuk mendaftar secara online. Hal tersebut di lakukan sebagai upaya untuk mengakomodir pendaftar yang tidak bisa mengakses PPDB 2020 ini diakibatkan oleh orang tua yang tidak memahami penggunaan teknologi atau tidak memiliki sarana. “Di hari pertama ini belum ada orang tua yang meminta bantuan kepada kami untuk didaftarakan secara langsung. Hal ini mungkin didasari akibat banyak layanan pemdaftaran PPDB yang dibuka warga. Sehingga, kebanyakan para orang tua memilih kesana dan meminta didaftarkan,” tuturnya.

SMPN 4 Kendari kali ini bakal menyediakan kuota sebanyak 352 kursi dengan 11 Rombongak Belajar (Rombel). Besaran kuota tersebut tersebar melalui empat jalur pendaftaran yakni, zonasi 70 persen, afirmasi 15 persen, mutasi dan anak guru 5 persen dan prestasi 10 persen. “Karena PPDB tahun ini berdasarkan zonasi kelurahan, maka SMPN 4 Kendari ini hanya mencakup tiga kelurahan saja yakni, Wua-wua, Anawai dan Bonggoeya,” tutupnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy