Kuota Siswa Baru SMP di Kendari Capai 5.700 Orang. – Kendari Pos
Edukasi

Kuota Siswa Baru SMP di Kendari Capai 5.700 Orang.

Muchdar Alimin


KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat SMP dibuka tanggal 29 Juni sampai 4 Juli mendatang. Dikmudora Kota Kendari pun telah menyiapkan kuota siswa baru SMP tahun ajaran 2020/2021 yang mencapai 5.700 orang.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dikmudora Kendari, Muchdar Alimin, M.Pd., menuturkan bahwa penerimaan PPDB tingkat SMP se Kota Kendari, untuk disesuaikan kebutuhan sekolah. Dan tahun ini kuotanya cukup banyak, karena setiap sekolah dijatah ratusan orang lebih.

“Kami juga sudah mengatur bagaimana cara pendaftarannya, melalui juknis yang sudah kami tetapkan. Kuota yang ditetapkan terbagi dalam 5.700 dengan jumlah 41, SMP di Kota Kendari, terdiri dari 23 sekolah negeri dan 18 sekolah swasta,” ungkap Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dikmudora Kendari, Muchdar Alimin, M.Pd., saat ditemui Jumat (26/6).

Lanjut dia, masalah kuota disesuaikan dari jumlah pendaftar yang telah lulus SD dan akan melanjutkan pendidikan SMP. Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir anaknya tidak lolos.

“Jumlah peserta yang akan mendaftar tingkat SMP mencapai 6.122 orang. Angka itu adalah jumlah siswa SD yang lulus dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Dari jumlah itu, pasti banyak yang akan memilih melanjutkan ke madrasah. Kami pastikan semua pendaftar akan mendapatkan tempat baik di sekolah negeri maupun swasta,” tutur Muchdar.

Dijelaskan bahwa pendaftaran siswa baru tahun ini, menggunakan empat jalur pendaftaran yang nantinya bisa memudahkan bagi calon peserta didik untuk mendaftar PPDB.

“Empat jalur, yaitu Zonasi sebesar 50 persen dengan tingkat kelurahan, jalur afirmasi sebesar 15 persen ini diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu, jalur perpindahan orang tua sebesar 5 persen, dan jalur prestasi sebesar 30 persen. Kita berharap diharapkan para siswa bisa lebih gampang dalam mendaftarkan diri di sekolah nantinya,” tambahnya.

Ia juga berharap, tentunya di tahun ajaran baru para siswa bisa tetap semangat dalam belajar, meskipun masih dalam kondisi yang tidak bisa melaksanakan proses belajar mengajar secara normal seperti tahun sebelumnya. (b/m5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy