KPU Wakatobi Kaji Kebutuhan Anggaran APD – Kendari Pos
Wakatobi

KPU Wakatobi Kaji Kebutuhan Anggaran APD

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi mulai mengkaji kebutuhan anggaran pengadaan alat pelindung diri (APD). Sebab tahapan Pilkada yang kembali dimulai 15 Juni mendatang akan mengedepankan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Jika sebelumnya, anggaran Pilkada Wakatobi disepakati Rp 28 miliar dari APBD tahun 2020. Nilai itu kemungkinan mengalami perubahan sebab adanya pos biaya pengadaan APD.

Ketua KPU Wakatobi, Abdul Rajab menyebut pada rapat dengar pendapat (RDP) 27 Mei lalu, KPU harus menyampaikan pengusulan anggaran kepada DPR terkait APD. “Rancangan kebuthan awal anggaran karena kondisi normal. Tapi, setelah ada pandemi ini maka kami akan mengusul ulang anggaran yang dibutuhkan,” ungkap Abdul Rajab.

Ia melanjutkan KPU pusat juga telah meminta KPU daerah agar melaporkan data-data baik itu jumlah PPK, PPS, KPPS hingga TPS. “Karena kemungkinan besarnya itu untuk APD dibiayai oleh APBN. Kami semenatara masih dalam tahap pembahasan berapa yang akan diusulkan,” bebernya.

Rajab mengaku anggaran APD disesuaikan dengan kebutuhan atau jumlah anggota yang terlibat sebagai penyelenggara. “Di Wakatobi ini jumlah TPS sebanyak 274, sementara anggota pada masing-masing TPS sebanyak tujuh orang ditambah dengan aparat dua orang. Kalau dikalkulasi yang ada di TPS sudah sebanyak 2.446 orang,” tambahnya.

Sementara itu, penyelenggara pada 75 desa dan 25 kelurahan di Wakatobi yang masing-masing tiga orang. Artinya total 300 petugas. Selain itu,jumlah PPK pada delapan kecamatan sebanyak 40 orang serta lainnya.

“Nanti ini yang akan dikirim datanya ke pusat. Jadi, kemungkinan disesuaikan dengan kebutuhan. Kita masih sementara proses penyusunan rancangan kegiatan di era pandemi termasuk sosialisasi modelnya bagaimana dan harus melakukan penyesuaian anggaran. Jadi kami saat ini masih membahasanya. Sehingga total anggaran yang akan diusul itu kami belum bisa pastikan,” pungkasnya. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy