KPU Koltim Cari PPDP “Bersih” dan Profesional – Kendari Pos
Politik

KPU Koltim Cari PPDP “Bersih” dan Profesional

Ashari Malaka

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim) saat ini sedang mencari calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Syarat utamanya harus “bersih” dan profesional. Bersih artinya tidak terafiliasi dengan parpol tertentu. Dan profesional harus mampu menjalankan tugas sesuai arahan KPU.

Tugas mencari PPDP “bersih” dan profesional ini didelegasikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS). Artinya, PPS diminta mencari figur berkualitas dan harus memenuhi ketentuan sesuai arahan KPU RI tentang pedoman teknis pembentukann PPK, PPS, PPDP. Dimana salah satunya syarat calon dari seorang kepala dusun, kepala RT, RW, kepala lingkungan atau masyarakat yang tidak berafiliasi dengan partai politik.

Setelah PPS mendapatkan calon petugas PPDP sesuai ketentuan, selanjutnya diserahkan ke KPU Koltim. Dibuka sejak 24 Juni sampai 14 Juli 2020. Setiap PPS diwajibkan menyetor satu nama yang akan bertugas pemutakhiran data di Pilkada. Hal itu disampaikan Koordinator Divisi Sosialisasi dan Permas KPU Koltim, Ashari Malaka.

“Sesuai ketentuan, salah satu syarat calon petugas PPDP adalah tidak boleh terafiliasi dengan parpol. Selain itu tentunya, kami berharap, petugas PPDP yang direkrut nantinya memiliki integritas dan profesionalisme,” kata Ashari pada Kendari Pos, kemarin. Dia menambahkan, ada 133 PPS di Koltim. Masing-masing mereka akan menyetorkan satu nama calon PPDP kepada KPU Koltim untuk kemudian diverifikasi.

“Kalau memenuhi syarat, maka akan ditetapkan sebagai PPDP untuk bekerja selama pemutakhiran data pemilih,” jelasnya. Lebih jauh Ashari menjelaskan, setiap petugas PPDP akan bertugas memutakhirkan data pemilih sebanyak 500 orang paling maksimal. Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Koltim, Sutomo menyampaikan, salah satu syarat urgen calon PPDP yakni terkait syarat umur maksimal 50 tahun serta tidak berafiliasi dengan parpol. “Dia juga harus mengetahui kondisi warga di sekitar itu,” ujarnya.

“Setelah mereka ditetapkan sebagai PPDP, KPU akan membekali sekaligus diberikan alat pelindung Covid-19, berupa masker, kos tangan dan alat lainnya yang menjadi standar protokol kesehatan,” sambungnya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy