KPK Apresiasi Langkah Ali Mazi : Selain Transparan, e-Katalog Akomodir Produk Lokal – Kendari Pos
Metro Kendari

KPK Apresiasi Langkah Ali Mazi : Selain Transparan, e-Katalog Akomodir Produk Lokal

KENDARIPOS.CO.ID — Langkah Gubernur Sultra, Ali Mazi menerapkan e-katalog dalam proses pengadaan barang dan jasa terus mendapat apresiasi. Setelah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), kini giliran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan lembaga anti rasuah ini melayangkan undangan khusus bagi Pemprov Sultra. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJ) Provinsi Sultra Dr Rony Yakub Laute mengatakan penerapan e-katalog sejalan dengan program strategis nasional dalam upaya pencegahan korupsi. Tidak hanya peningkatan profesionalitas, namun juga bagian dari moderdinasi pengadaan barang dan jasa.

“KPK mengapresiasi e-katalog Pemprov Sultra. Melalui surat nomor Und/304/KSP.00/10-16/06/2020, KPK untuk melakukan sharing dan diskusi dengan Pemprov melalui video teleconfren,” bebernya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/6). Apresiasi KPK bukan hanya menyangkut komitmen dalam mencegah praktek KKN, namun juga langkah gubernur menginisiasi agar produk-produk lokal Sultra bisa ditayang melalui e-katalog. Baik hasil tambang, konstruksi, dan produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Pak gubernur telah mengajukan surat ke LKPP sebagai bagian dari perjanjian kerjasama terkait masuknya produk Sultra dalam e-katalog lokal. Dalam e-katalog LKPP, ada tiga jenis katalog, yakni katalog nasional, katalog sektoral, dan katalog lokal. Produk-produk lokal Sultra seperti aspal Buton dan kain tenun daerah akan kita masukkan dalam katalog lokal,” ucap Rony.

Pemprov Sultra sambungnya, menjadi 16 daerah yang baru akan diizinkan oleh LKPP untuk menayangkan produknya di e-katalog lokal. “Selama ini, produk-produk lokal Sultra banyak terabaikan. Padahal dari sisi kualitas maupun keunggulan komparatif lainnya tidak kalah dengan produk dari daerah lain yang sudah duluan masuk dalam e-katalog,” ucapnya.

Usulan produk lokal kata dia, berawal dari rapat online yang digelar BPBJ Sultra yang difasilitasi oleh LKPP dan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) Australia. Sebanyak 17 kabuapten/kota se-Sultra serta 52 organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov turut berpartisipasi dalam acara tersebut. “Total partisipan yang ikut sebanyak 284 orang. KPK ternyata mengapresiasi acara tersebut. Makanya, keesokan harinya kami diundang secara daring (online) untuk mempresentasikan misi e-katalog lokal yang diinisiasi bapak gubernur,” ungkapnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy