Kompetisi Tatanan Hidup Baru, Dispar Konut Aplikasikan di Lokasi Wisata – Kendari Pos
Konawe Utara

Kompetisi Tatanan Hidup Baru, Dispar Konut Aplikasikan di Lokasi Wisata

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Utara, Ruksamin memberikan kepercayaan pada pihak Dinas Pariwisata untuk mengikuti inovasi daerah dalam upaya penerapan tatanan hidup baru (new normal) yang diselenggarakan Kemendagri. Kepala Dinas Pariwisata Konut, Yade Rianto, menuturkan tananan new normal diaplikasikan melalui pembuatan video kehidupan baru pada kawasan destinasi wisata. “Tujuan pembuatan video sifatnya lomba yang diselenggarakan Kemendagri untuk melihat sejauh mana inovasi daerah dalam menerapkan new normal,” ujar Yade Rianto.

Dalam lomba tatanan hidup baru, kata, mantan Sekdis Pariwisata, ada tiga subtansi yang menjadi acuan. Yakni mengatur petugas dan pengelola, bagaimana mengatur pedagang di areal wisata dan pengaturan pengunjung. “Yang menjadi penilaian adalah terpenuhi atau tidaknya protokol kesehatan dibidang pariwisata dalam rangka upaya pencegahan Covid-19,” ujarnya. Yade Rianto menuturkan, ruang lingkup pengelola wisata, pedagang dan pengunjung menjadi substansi dalam penerapan new normal. Tiga item yang dimaksud memiliki perlakuan dalam penerapan tatanan hidup baru ketika berada dalam lokasi wisata.

Yade Rianto.

“Yang jelasnya, semua harus memenuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19,” ungkapnya. Yade menambahkan ada dua syarat pengunjung. Yakni, syarat umum meliputi setiap pengunjung wisata dilarang membawa senjata tajam, Narkoba dan minuman keras. Sedangkan ketentuan khusus, pengunjung harus memperlihatkan identitas, cek suhu, melewati box sterilisasi hingga jalur satu arah. “Semuanya harus mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. Diketahui ada tujuh item pemberlakuan new normal. Yakni, bidang pariwisata, sosial dan budaya, pemerintahan, pertanian, perkebunan, pendidikan, perindustrian dan perdagangan. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy