Kepsek Diminta Fasilitasi Pendaftaran Siswa Baru – Kendari Pos
Edukasi

Kepsek Diminta Fasilitasi Pendaftaran Siswa Baru

Abdul Karim

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ajaran baru 2020/2021 dunia segera dimulai. Sejumlah sekolah di Sultra pun bersiap membuka pendaftaran peserta didik baru termasuk di Kota Baubau. Untuk siswa SD yang akan lanjut ke tingkat SMP, proses pendaftaranya difasiliasi oleh kepala sekolah masing-masing. Khususnya bagi siswa yang tempat tinggalnya belum terkoneksi jaringan internet.

“Proses pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru dilakukan secara online dan ofline (penerima langsung). Kalau pendaftaran ofline bagi Siswa SD yang akan mendaftar di SMP difasilitasi oleh kepala sekolahnya,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Baubau, Abdul Karim, Kamis (11/6) lalu.

Melibatkan kepala sekolah dalam proses pendaftaran siswa bertujuan untuk mengurangi kerumunan masyarakat ditengah wabah virus corona. Makanya saat para kepala sekolah diminta mulai mengidentifikasi murid yang kesulitan mendaftar SMP secara online.

“Kepala SD mengidentifikasi muridnya mau lanjut di mana. Selanjutnya, kepala sekolah dibantu atau menugaskan guru untuk mengkoordinasikan dengan pihak SMP yang menjadi tujuan siswa untuk lanjut bersekolah,” terang mantan Kepala Dinas Pol PP Kota Baubau itu.

Lanjut Abdul Karim, dalam proses penerimaan dan pendaftaran nanti, agar pihak sekolah tetap memperhatikan sistem zonasi. Artinya siswa yang diterima disuatu sekolah berdasarkan wilayah tempat tinggalnya sebagaimana termuat dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. “Penerimaan kita lakukan secara online dan ofline tapi tetap harus sistem zonasi,” katanya.

Ia, menambahkan, terkait kebijakan proses belajar mengajar Pemkot Baubau mengikut kebijakan pusat. Jika pada 13 Juni 2020 tahun ajaran baru dimulai dan Pusat sudah membolehkan sekolah beraktivitas seperti sedia kala, pihaknya juga akan mengitruksikan hal yang sama di Baubau. “Kalau kemudian kebijakan nasional Kementerian Pendidikan sudah bisa masuk sekolah, kita juga ikut. Dengan memperhatikan standar kesehatan dalam pandemi Covid-19,” tandas Abdul Karim. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy