Kepala BPPRD Konawe : 25 Tapping Box Diaktifkan Kembali – Kendari Pos
Konawe

Kepala BPPRD Konawe : 25 Tapping Box Diaktifkan Kembali

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe mulai memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) yang sempat anjlok terimbas pandemi Covid-19. Salah satunya, menarik kembali pajak yang diperoleh dari pemasangan alat perekam (tapping box). Pengaktifan alat perekam sejak 3 Juni 2019 itu, menyusul mulai pulihnya aktivitas perekonomian masyarakat yang ditandai dengan keluarnya kebijakan new normal dari Pemerintah Pusat.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Konawe, Cici Ita Ristianty, mengatakan, sebelum wabah Covid-19 melanda, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan pemasangan alat perekam pajak sebanyak 25 unit pada hotel dan rumah makan yang ada. Namun akibat pandemi, Pemkab memberi toleransi para pemilik usaha itu dengan tidak menarik pajak dari alat perekam yang terpasang. Pertimbangannya, lanjut Cici, dampak ekonomi juga pasti ikut dirasakan oleh para pemilik usaha tersebut.

“Kita sudah aktifkan sejak 3 Juni lalu. Hampir tiga bulan kita tidak aktifkan akibat pandemi. Selain itu, kemarin juga bersamaan dengan bulan Ramadan. Tidak boleh bulan puasa kita menarik pajak dari alat perekam itu,” ujar Cici Ita Ristianty, di ruang kerjanya, Kamis (18/6). Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Konawe itu membenarkan pemasukan dari PAD murni seperti pajak hotel dan rumah makan memang menurun drastis selama pandemi.

Namun ia meyakini, di masa transisi kebijakan tatanan kehidupan baru, serapan pajak khususnya yang bersumber dari pemasangan tapping box itu bisa kembali maksimal masuk ke kas daerah. “Pendapatan daerah itu ada tiga. PAD, Dana Bagi Hasil (DBH), serta pendapatan lain-lain. Kami di BPPRD hanya mengelola PAD saja. Kita tetap optimis PAD Konawe meningkat kembali dengan aktifnya 25 alat perekam pajak itu,” ungkap Cici Ita Ristianty. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy