Kelulusan Siswa SD/SMP di Kendari Diumumkan Online – Kendari Pos
Edukasi

Kelulusan Siswa SD/SMP di Kendari Diumumkan Online

KENDARIPOS.CO.ID — Di tengah pandemi Covid-19. Seluruh satuan pendidikan jenjang SD/SMP di Kota Kendari serentak mengumumkan kenaikan kelas seluruh peserta didik, dengan menerapkan protokol kesehatan. Kendati masih dalam suasana pandemi, pengumuman kenaikan kelas pun diupayakan untuk tidak menyebabkan perkumpulan orang di lingkup sekolah.

Antusias para orang tua siswa saat mengantar anaknya pada hari pertama sekolah.

Sejumlah sekolahpun menerapkan pembagian rapor secara Daring atau online. Sesuai dengan arahan dari Dinas Pendidikan Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikmudora Kota Kendari, Muchdar Alimin, M.Pd., menuturkan total Sekolah Dasar (SD) di Kota Kendari berjumlah 124 sekolah yang terdiri dari 106 sekolah negeri dan 18 sekolah swasta. Sedangkan SMP berjumlah 40 sekolah yang terdiri dari 22 sekolah negeri dan 18 sekolah swasta.

“Sesuai dengan kalender pendidikan, hari ini serentak seluruh sekolah mengumumkan kenaikan kelas siswa. Jadi sebenarnya istilahnya bukan penerimaan rapor, tetapi pengumuman kenaikan kelas dengan mekanisme menyampaikan kepada seluruh siswa terkait naik tidaknya mereka di kelas berikutnya, via Whatsapp , SMS atau website resmi masing-masing sekolah,” ungkapnya, Jumat (12/6).

Lanjut dia, mekanisme penilaian kenaikan kelas siswa dimasa pandemi Covid-19 ini diperoleh dari hasil nilai ulangan harian siswa yang dilaksanakan sebelum pandemi Covid-19 di Kota Kendari, serta dari hasil pemberian tugas yang diberikan oleh guru secara Daring atau online selama pandemi.

“Ada banyak agenda penting yang dibatalkan atau ditiadakan di sektor pendidkan. Seperti, penghapusan UN hingga peniadaan UAS. Sehingga proses penilaian kenaikan kelas siswa itu diambil dari nilai tugas-tugas terdahulu sebelum pandemi maupun selama pandemi yang diberikan melalui online,” katanya.

Sementara itu, pengumuman kenaikan kelas di SDN 22 Kendari kemarin (12/6) berlangsung secara online, dengan mengirimkan informasi terkait naik tidaknya siswa melalui SMS kepada wali murid.

“Jadi nilainya kita kirimkan melalui SMS ke orang tua siswa. Hal ini berdasarkan arahan dari Dikmudora yang mengimbau sekolah untuk tidak menyebabkan perkumpulan banyak orang di lingkup sekolah,” tutur Kepala SDN 22 Kendari, Sartini kepada Kendari Pos, Jumat (12/6).

Perempuan berhijab ini juga menerangkan bahwa total siswa yang akan naik kelas di SDN 22 Kendari berjumlah 426 siswa, dari jumlah tersebut seluruhnya dinyatakan dapat naik kelas untuk tahun ajaran baru 2021/2022. “Pembagian rapornya kita tangguhkan dulu untuk sementara waktu. Nanti akan kita berikan langsung ke orang tua masing-masing. Namun, untuk waktunya tergantung kesepakatan wali kelas dan orang tua siswa. Intinya, tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy