Kedatangan TKA Disambut Baik Warga dan Pekerja Lokal – Kendari Pos
Nasional

Kedatangan TKA Disambut Baik Warga dan Pekerja Lokal

Lanskap area peleburan (pabrik smelter) milik PT. Virtue Dragon Nikel Indsutri yang terletak di Kecamatan Morosi, Kab. Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana kedatangan 500 TKA ke PT VDNI sempat menuai polemik. Namun sebagian besar warga menyambut baik hadirnya tenaga ahli asal Tiongkok untuk melakukan pembangunan 33 smelter baru yang berlokasi di PT OSS.

Ketua Karang Taruna Desa Paku kecamatan Morosi, Dedi menuturkan, segenap pemuda yang berada di lingkar tambang PT VDNI sangat merasakan manfaat dengan geliat industri di wilayah timur Konawe itu. Ditambah lagi, rencana kedatangan 500 TKA akan sejalan dengan terbukanya kembali serapan bagi pekerja lokal.

“Kami di sini yakin bahwa ada dampak positif dengan kehadiran TKA ini. Sebab dari awal, pihak PT VDNI sudah mendatangkan TKA untuk pembangunan smelter. Pada masa pembangunan (smelter) itu mereka hadir, setelah itu mereka dipulangkan. Dan memang itu terbukti. Saya sendiri ikut mengawal persoalan tersebut,” ucapnya.

Ia berharap ada sinergitas dari semua pihak menyangkut kehadiran 500 TKA Tiongkok di PT VDNI. Andaikata ada hal-hal yang belum didapatkan realita informasinya, pemuda dilingkar tambang PT VDNI siap untuk memberikan informasi sesuai dengan keadaan sebenarnya.

“Tapi yang jelas, kami masyarakat di lingkar pabrik sangat merasakan dampak positif. Kami sangat terbantu, terutama masalah peningkatan ekonomi. Angka pengangguran juga semakin turun. Pokoknya, kami berterimakasih atas investasi itu,” tutupnya.

Hal serupa juga diutarakan salah seorang pemilik warung makan dan kontrakan di kecamatan Morosi, Budiono. Ia mengatakan, dampak positif bisa didapatkan dengan hadirnya 500 TKA itu. Apalagi, pekerja luar yang datang itu merupakan tenaga ahli/teknisi yang disiapkan untuk mengerjakan pembangunan smelter baru.

“Setelah dibangun (smelter) itukan mereka (TKA) pulang. Jadi kalau mereka tidak datang, siapa yang mau bangun. Justru kalau tidak didatangkan, smelter itu pasti tidak jadi-jadi. Karyawan lokal juga tidak akan bertambah,” ujarnya.

Pekerja lokal di PT VDNI ikut menyuarakan dukungan atas kedatangan 500 TKA Tiongkok tersebut. Indrawati, admin karyawan departemen Smelter PT VDNI mengatakan kedatangan 500 TKA harusnya disambut baik oleh semua pihak. Sebab selain mendukung percepatan pembangunan perusahaan, impact positif berkaitan serapan pekerja lokal juga bisa lebih besar ke depannya. “Ujung-ujungnya pasti meningkatkan kesejahteraan warga sekitar juga,” ungkapnya.

Pekerja lain, Ruli yang menjabat Koordinator Smelter 1,2 dan 3 PT VDNI mengatakan, 500 TKA itu adalah teknisi-teknisi handal yang akan melakukan pembangunan di PT VDNI dan PT OSS. Tentunya, hal itu sangat berdampak positif dalam hal penyerapan tenaga kerja lokal baru yang semakin banyak.

“Pengangguran ataupun yang sudah selesai sekolah mungkin bisa diserap disini. Akhirnya, masalah pengangguran bisa semakin minim,” terangnya.

Sementara itu, Translator Penanggung Jawab Teknik dan Lapangan PT VDNI, Sukal Septi Sari menyebut, datangnya 500 TKA itu sangat penting. Sebab, mereka merupakan tenaga ahli (skill) serta paham teknik pembangunan smelter dengan baik. Dengan kata lain, pembangunan smelter di PT OSS itu bisa selesai lebih cepat dan sesuai waktu yg telah ditentukan.

“Selain itu, dampak positif lainnya yakni terbukanya lapangan kerja bagi tenaga lokal. Bayangkan, setiap tenaga ahli itu akan didampingi 6-7 org pekerja lokal,” pungkasnya. (b/adv/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy