Kawal Penggunaan Anggaran, Inspektorat Perketat Pengawasan – Kendari Pos
Metro Kendari

Kawal Penggunaan Anggaran, Inspektorat Perketat Pengawasan

KENDARIPOS.CO.ID — Agar tak menjadi persoalan di kemudian hari, Pemprov Sultra begitu hati-hati menyalurkan anggaran untuk penanganan covid-19. Jangan heran, tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwajibkan melaporkan pos penggunaan anggaran. Pengawasan dan asistensi ini tidak hanya melibatkan instansi internal, namun juga eksternal seperti BPKP, Kejaksaan dan kepolisian. Upaya ini telah dimulai sejak tahap perencanaan.

Kepala Inspektorat Sultra, Gusti Pasaru mengatakan terus memantau pengunaan anggaran refocusing. Di lingkup Pemprov Sultra, sebanyak 27 OPD merealokasi anggaran penanganan covid-19. “Ya, mulai perencanaan memang telah diasistensi dan sekarang sudah masuk tahap pelaksanaannya,”terangnya. Semua penggunaan anggaran sambungnya, harus didokumentasikan sebagai pertanggungjawabannya. Selain itu, laporannya masih harus diaudit. Apalagi sekarang tidak lagi melakukan lelang di Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ). “Prosesnya memang dipercepat. Namun tetap harus merujuk aturan. Salah satunya, harus dibuatkan pernyataan harga yang ditawarkan adalah harga wajar dan siap diaudit,” jelasnya.

Ia mengingatkan OPD lebih teliti menyiapkan dokumen. Sebab berkas laporannya harus dilengkapi. Misalnya, pembayaran tempat inap tenaga medis di hotel. Selain bukti anggarannya, namun juga absesnsi tenaga medis. “Jangan sampai tidak ada penghuninya tapi tetap dibayar. Ini juga harus diperhatikan dan di sinilah tugas kami sebagai tim audit,” tandas Gusti. Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas meminta OPD mematuhi arahan tim pengawasan. “Semua regulasinya sudah jelas. Aturanya sudah jelas. Lagipula untuk tim asistensi dan perencanaan telah mengarahkan mereka terkait aturan-aturan dalam penggunaan anggaran refocusing. Jadi kami berharap tidak ada kendala apapun dilapangan,” kata orang nomor dua di Bumi Anoa itu. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy