Kasus Penggelapan Kades Lasiwa Dilimpahkan ke Kejari Raha – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Kasus Penggelapan Kades Lasiwa Dilimpahkan ke Kejari Raha

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus pemalsuan dan penggelapan yang menyeret pelaksana Kepala Desa Lasiwa, LH dan bendahara AF dilimpahkan ke Kejaksaan. Kini kedua tersangka tersebut tengan ditahan oleh pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sultra. Kasipenkum Kejati Sultra Herman Darmawan membenarkan terkait pelimpahan kasus tersebut. “Benar, berkas 263 dan 372 soal pemalsuan dan penggelapan baru saja kita terima dari Polda Sultra,” tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kejati Sultra, di Kendari, kemarin.

Herman menambahkan, berkas barang bukti dan tersangka akan diserahkan ke Kejari Muna. Sebab lokasinya berada di Buton Utara (Butur). “Tahap IInya akan diserahkan ke Kejari Muna. Proses penyerahamnya pun akan dilakukan besok,” pungkasnya. Sebelumnya, LH dan AR dilaporkan oleh Wa Ode Imani warga Lasiwa, Kecamatan Wakorumba, Kabupaten Butur. LH diduga memalsukan tanda tangan yang menyebabkan kerugian kepada Imani. Mulanya, Imani mempertanyakan soal gaji sang suami Jafir Oda (alm) kepada Camat Wakorumba. Namun, jawaban yang diterima, Camat menyarankan untuk menunggu penjelasan dari Kepala Desa Lasiwa. Namun, kejelasan itu pun tak didapatkan oleh Imani.

Merasa membutuhkan jawaban atas haknya, Imani kemudian kembali meminta penjelasan kepada Bupati Buton Utara melalui Badan Keuangan terkait salinan dadtar gaji sang suami. Dari surat Badan Keuangan, Imani mendapatkan surat berisi tentang bukti pengeluaran uang untuk biaya pembayaran belanja penghasilan kepala desa untuk bulan April hingga Agustus sebesar Rp 15 juta. Surat yang diterbitkan 28 Oktober 2019 tercantum nama sang suami Jafir Oda. Atas perbuatan tersebut, pelapor Imani sebagai ahli waris merasa telah dirugikan atas perbuatan pemalsuan tersebut. (c/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy